Home / Featured / Info Kota & Ekonomi / News

Senin, 7 November 2022 - 15:56 WIB

Dinas Pangan, Pertanian, Dan Perikanan Kota Balikpapan Gelar Pasar Murah

DP3 Kota Balikpapan Gelar Pasar Murah

DP3 Kota Balikpapan Gelar Pasar Murah

Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan melaksanakan gelar pangan murah yang dibuka pada Senin (7/11/2022). Kegiatan ini berlokasi di Kantor DP3 Kota Balikpapan, Jalan Marsma R Iswahyudi. Adapun kegiatan serupa juga digelar serentak di Kalimantan Timur, mengikuti Instruksi Gubernur Isran Noor.

Kepala DP3 Kota Balikpapan Heria Prisni menjelaskan, tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bergerak di bidang pangan, pada 7 November melaksanakan operasi pasar.

Dalam instruksi Gubernur pelaksanaan hanya 7 November saja, namun DP3 Kota Balikpapan menggelar pasar murah hingga 9 november atau selama tiga hari.

“Yang berpartisipasi dalam bazar ini ada 13 tenan dari UKM dan distributor kita termasuk bulog. Ini kita laksanakan untuk stabilisasi harga bahan pokok,” tuturnya.

Baca Juga  Jalan Taman Sari Tak Dianggarkan APBD 2021

Menurutnya harga yang ditawarkan lebih murah dibanding pasar, karena langsung dari distributor dan petani yang menjual.

“Kami di sini menjual harga produsen otomatis lebih murah dibanding harga ecer. Karena kami membantu masyarakat paling tidak bisa mendapatkan harga lebih murah,” katanya.

Heria menjelaskan, dari DP3 juga menyediakan hasil pertanian dari para petani Balikpapan. Antara lain berupa lombok dan tomat. Pihaknya juga menyediakan souvenir bagi pembelian minimum Ro100 ribu. Souvenir ini berupa cabai atau tomat seberat 250 gram.

Baca Juga  Bidhumas Polda Kaltim Dianugerahi Predikat IKPA Terbaik II

DP3 Kota Balikpapan memang secara rutin menggelar pasar murah. Bahkan rencananya psa momen Natal dan Tahun Baru nanti juga akan dilaksanakan kegiatan serupa. “Tapi karena Gubernur menginstruksikan harus serentak tanggal 7, maka kami laksanakan,” jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan selama 3 hari juga mempertimbangkan para petani yang harus mengangkut barang-barang tersebut. “Kalau cuma sehari kasihan mereka. Jadi kami buat tiga hari,” lanjutnya.

Ia pun berencana akan tetap menggelar bazar murah pada momen Natal dan Tahun Baru nanti. “Lokasi juga akan di depan kantor, karena banyak juga masyarakat sekitar kantor DP3,” tuturnya. (*)

Share :

Baca Juga

News

Nelayan Balikpapan Bersihkan Sampah Laut

News

Pendapatan Negara per Juli 2018 Capai Rp 994,36 Triliun

News

Kedelapan Orang Ini Jauh Lebih Kaya dari Separuh Populasi Dunia

News

Surga Tanaman Obat di Tanah Borneo

Featured

Lambang Kegigihan Pejuang Pra-Kemerdekaan

Featured

Pantai Manggar Kejar Rp 500 Juta, untuk Penuhi Target PAD Rp 1,5 M

News

Indonesia Masuk Lima Besar Tujuan Wisata Muslim Populer di Dunia

Featured

KPR Hebat Mandiri Mudahkan Pembeli Rumah di IKN Property Expo