Home Technology and Tips Gizi Seimbang, Kunci Sehat Kita

Gizi Seimbang, Kunci Sehat Kita

1094
0

Belakangan ini, banyak penyakit muncul disebabkan kesalahan pola makan atau ketidakseimbangan gizi. Kabid Binkesmas DKK Balikpapan dr Andi Sri Juliarti MKes menegaskan, edukasi gaya hidup sehat antara lain dengan sosialisasi pentingnya gizi seimbang.

“Definisi gizi seimbang itu sederhananya adalah konsumsi makanan sesuai dengan kadar dan kebutuhan tubuh masing-masing. Intinya, gizi dan nutrisi diterima tubuh dengan baik dan cukup,” papar perempuan yang akrab disapa dr Dio itu.
Makanan bergizi seimbang akan mensuplai tubuh manusia dengan zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur yang sesuai dengan kebutuhan. Diuraikan, zat tenaga bisa diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Nasi sebagai makanan pokok adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya nasi, karbohidrat bisa diperoleh dari singkong, ubi, sagu, jagung, dan sebagainya.
Selain makanan-makanan sumber tenaga, diperlukan makanan sumber protein sebagai zat pembangun. Baik sumber protein hewani maupun nabati, keduanya sama pentingnya. Protein hewani bisa diperoleh dari daging, hati, ikan, telur, susu dan hasil olahannya. Sedangkan protein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan, tahu dan tempe. Vitamin dan mineral juga tak kalah pentingnya untuk tubuh kita. Sumber vitamin dan mineral terdapat pada sayuran dan buah-buahan segar.
“Sebagian dari kita mungkin hanya menyukai beberapa jenis makanan saja. Atau, lebih menyukai junkfood dibanding sayur sop yang kaya nutrisi. Ada juga yang lebih menyukai sayur dibandingkan daging,” paparnya.
Untuk pemenuhan gizi seimbang, diperlukan ragam makanan agar tubuh tidak menyerap satu atau dua macam zat saja. Misalnya, memasukkan nasi, ikan, bayam, tempe dan pepaya ke dalam menu harian. Atau memberikan variasi ke dalam menu dengan mengganti nasi dengan sagu, ikan dengan ayam, bayam dengan wortel, pepaya dengan pisang, dan sebagainya. Dengan kombinasi makanan yang tepat, berbagai zat penting akan mudah diserap oleh tubuh sehingga kesehatan akan selalu terjaga. [*]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 48 November 2015

Previous articleThe Land of Prosperity
Next articleTravel Choice: Pilihan Lokasi Kunjungan dengan Sudut View yang Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.