Home Technology and Tips Sehat Berawal dari Kesehatan Diri

Sehat Berawal dari Kesehatan Diri

597
0

Menjaga kebersihan pribadi seperti mencuci tangan dan menyikat gigi akan menjaga bakteri dan virus penyebar penyakit tetap jauh. Selain itu, ada manfaat psikologis juga yang akan Anda dapat dari kebiasaan bersih tersebut. “Menjaga kebersihan pribadi akan membuat Anda merasa baik dan nyaman terhadap diri sendiri, yang mana hal ini penting untuk kesehatan mental Anda,” kata Donald Novey, MD, dokter pengobatan integratif dari Advocate Medical Group di Park Ridge, Illinois. Orang dengan tingkat kebersihan yang buruk seperti rambut dan pakaian yang kotor, napas berbau tak sedap, bau badan, gigi kotor atau tanggal karena kurang dirawat, akan terlihat tidak sehat dan cenderung dijauhi orang lain. Berikut panduan untuk selalu bersih demi menjaga kesehatan secara keseluruhan.

1. Mandi dan keramas dengan teratur
Kita yang tinggal di negara tropis, cenderung berkeringat setiap hari. Mandi dua kali sehari, setiap pagi dan sore, adalah salah satu cara menjaga kebersihan pribadi yang terbaik. Keramaslah sesering yang dibutuhkan. Bagi yang memiliki jenis rambut berminyak, sebaiknya keramas dua kali sehari. Bagi yang memiliki jenis rambut normal atau kering, bisa dua hari sekali. Jika aktivitas Anda membuat rambut kotor setiap hari, keramaslah menggunakan shampo yang lembut. “Kulit kita luruh setiap hari, menghasilkan sel-sel kulit mati. Jika sel-sel mati ini tidak dibersihkan maka akan menumpuk dan bisa menyebabkan infeksi,” kata dr. Novey.

2. Gunting kuku
Menjaga agar panjang dan bentuk kuku selalu dalam bentuk yang baik, juga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan pribadi. Sambil menggunting, bersihkan area sela-sela kuku dan potong juga bagian kutikula dan kulit yang mengeras di sekitar kuku.

3. Sikat gigi
Idealnya, menyikat gigi dilakukan setiap kali sesudah makan. Atau minimal dua kali sehari pada pagi dan sebelum tidur. Menyikat gigi akan menjauhkan bakteri yang menyebabkan kerapuhan gigi dan radang gusi. Bakteri di mulut dapat menuju jantung dan menyebabkan masalah pembuluh darah, kata Novey lagi. Gigi yang rapuh atau tanggal juga akan menyebabkan Anda kesulitan menguyah makanan. Untuk menyempurnakan perawatan gigi Anda, gunakan benang gigi dan berkumur dengan cairan antiseptik sesudah menyikat gigi. Periksakan kesehatan mulut Anda enam bulan sekali ke dokter gigi.

4. Cuci tangan
Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, menyiapkan masakan, sesudah berurusan di toilet, membuang sampah, memegang hewan, dan sesudah menutup mulut karena batuk atau bersin. Cuci tangan mulai dari pergelangan hingga sela-sela jari menggunakan sabun atau cairan antiseptik berbasis alkohol lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

5. Tidur cukup dan nyenyak
Orang dewasa rata-rata membutuhkan tidur selama 7-9 jam sehari. Kurang tidur atau tidur tidak nyenyak dapat membuat Anda depresi dan menurunkan sistem imun tubuh. Enggan menjaga kebersihan pribadi, apalagi dalam jangka waktu lama, bisa jadi merupakan gejala stres atau depresi. “Orang yang sedang mengalami gangguan mental, akan menolak dirinya sendiri,” jelas Novey. Mendorongnya secara lembut untuk mau menjaga kebersihan pribadi seraya mengingatkan bahwa dia bisa terkena penyakit, dan memperburuk masalah, mungkin akan membantu. Jika tidak berhasil, mungkin dia butuh bantuan psikolog profesional.

Source : http://health.kompas.com/

Previous articleAwas, Pola Makan Berlebihan dapat Memicu Kanker Kolorektal
Next articleLebih Mengenal Penyebab dan Gejala Kematian Jantung Mendadak di Usia Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.