Home Technology and Tips Kurangi Asupan Kalori dengan Cara-cara Sederhana Ini

Kurangi Asupan Kalori dengan Cara-cara Sederhana Ini

659
0

Mengurangi kalori pada asupan makanan tak melulu harus mengurangi hingga setengah porsi atau membuatnya menjadi terasa kurang enak, karena mesti menghilangkan bumbu tertentu. Cara-cara sederhana berikut ini bisa menjadi solusi mengurangi kalori tanpa Anda sadari.

Makan telur bersama saus sambal
Perpaduan antara telur dengan susu atau keju memang akan menghasilkan omelet dengan rasa yang sempurna. Namun, kesempurnaan itu juga bisa tergantikan dengan kehadiran saus sambal sebagai pengganti keju atau susu. Walau berbeda rasa, cita rasa bahan-bahan tersebut bisa memberikan kepuasan yang sama saat Anda memakannya. Selain mengandung nol kalori, rasa pedas pada saus sambal bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Ganti selai berry dengan buah berry yang dihaluskan
“Setengah cangkir buah berry segar maupun beku yang dihaluskan hanya mengandung 40 kalori. Sedangkan, 2 sendok makan selai berry manis mengandung sekitar 100 kalori,” kata Kally Hogan, MS, RD, Clinical Coordinator di Dubin Breast Cancer of the Tisch Cancer Institute of The Mount Sinai Hospital. â€œSelain itu, buah berry memiliki banyak serat, ketimbang sirup maple atau selai manis yang akan membuat Anda cepat merasa kenyang tanpa menyebabkan lonjakan gula darah akibat banyaknya gula.”

Ganti kopi latte dengan kopi hitam
“Persaji non-fat latte tetap saja mengandung 130 kalori dan menyumbang 19 gram karbohidrat. Bila Anda sedang berusaha mengurangi kalori harian, mengganti latte dengan kopi hitam akan memangkas sekitar 100 kalori per sekali minum,” kata Tanya Zuckerbrot, MS, MD, pencetus program F-Factor diet.

Ganti mayo dengan mustard
Mustard dengan beragam pilihan rasa, bisa membuat sandwich tetap terasa lezat. Persaji mayo mengandung 95 kalori, sedang mustard hanya 10 kalori.

Mengganti kentang tumbuk dengan kembang kol tumbuk
“Satu cangkir kentang yang dihaluskan bersama butter mengandung sekitar 200 kalori, bila dibandingkan dengan kembang kol yang dihaluskan yang hanya mengandung 80 kalori. Lebih sehatnya, kembang kol merupakan sumber utama jenis antioksidan yang mampu menurunkan risiko kanker, salah satunya kanker payudara,” kata Hogan.

Source : Kompas Health

Previous article6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes
Next articleBasmi Jerawat dengan Korek Kuping, Bagaimana Caranya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.