EnsiklopeDiBa

EnsiklopeDiBa

312
0
SHARE

– Bandara pertama Balikpapan berada di Lamaru. Kawasan Jl Sudirman pernah juga dipakai sebagai landasan pesawat era penjajahan. Sebutan â€œKlandasan” saat ini disebut merujuk pada sebutan “Ke Landasan”.

– Balikpapan disebut sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Indonesia dan memiliki kualitas udara yang lebih baik dibanding beberapa kota besar lainnya. Situs anekatempatwisata.com menyebut Pantai Melawai adalah salah satu view wajib yang dikunjungi untuk menikmati sunset di saat senja.

– Dari sensus pada akhir 2010, ditinjau dari komposisi penduduk menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki di Kota Balikpapan lebih banyak jumlahnya dibanding penduduk perempuan.

– Mau menikah di Balikpapan? Setiap pasangan harus menanam dan memelihara pohon sebagai bagian dari syarat administrasi pernikahan. Kebijakan ini digulirkan pemerintah dan berlaku efektif sejak Januari 2014. Badan Lingkungan Hidup akan mengarahkan lokasi penanaman pohon sebagai persyaratan administrasi pernikahan. Sebelumnya, pasangan yang akan menikah harus menyerahkan dua bibit tanaman sebagai bagian dari gerakan menanam satu miliar pohon secara nasional.

– Hotel Benakutai adalah hotel internasional pertama di Kalimantan Timur dan Balikpapan. Dioperasikan pada 17 Juni 1980 awalnya hanya 2 lantai. Namun, tahun 2000 an Hotel Benakutai mengalami masa suram dan tidak beroperasi selama beberapa tahun.Ketika dibuka kembali, hotel ini berubah nama menjadi The New Benakutai pada 2011.

– Titik 0 Kilometer Balikpapan berada di simpang Muara Rapak. Masih banyak orang mengira 0 Kilometer kota ini berada di Kantor Pemkot, atau simpang Plaza Balikpapan.

– Situs pizna.com menyebut Balikpapan sebagai salah satu kota antimainstream untuk tujuan kuliah di Indonesia, selain Papua, Denpasar, Padang, dan Sumatra Utara. Meski disebut sebagai kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia, situs tersebut menyebut bahwa Balikpapan punya keunggulan. Kuliah tak harus di Bandung, Jakarta atau Malang.

– Salah satu yang membuat Balikpapan bersih adalah adanya larangan buang sampah. Ini diatur dalam Perda Pengelolaan Sampah, yang isinya larangan membuang sampah dari pagi sampai sore. Sampah hanya boleh dibuang saat jelang malam, pukul 18.00 dan akan diambil oleh truk sampah jelang dinihari. Jika melanggar, siap-siap didenda. Pilih sidang tiga bulan penjara atau denda Rp 5 juta.

– Balikpapan disebut sebagai salah satu kota terunik di dunia karena memiliki keanekaragaman mamalia yang begitu banyak. Sayangnya, habitat itu sedang menghadapi ancaman kepunahan. Peneliti fauna dari Chekoslovakia Stan Lhota pernah merilis kumpulan data mamalia. Ada tak kurang dari 92 jenis mamalia di Balikpapan yang tinggal di dua habitat, Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang merupakan ekosistem hutan hujan tropis rendah dan Teluk Balikpapan yang dikelilingi hutan mangrove dan batu karang. Diantaranya hewan-hewan itu ada jenis tikus, bajing, tupai, kelelawar, beruang madu, macan dahan, binturon, lutung kelabu, lutung merah, tupai ekor sikat, dan tupai tercat, dan lainnya.

Apa Arti Hompimpa?

HOMPIMPAH, adalah cara bermain dengan mengundi melalui permainan telapak tangan. Pemenang adalah peserta yang memperlihatkan telapak tangan yang berbeda. Sering kita dengar lirik lengkapnya “Hompimpa alaium gambreng. Mpok Ijah pakai baju rombeng”. Diantara kita tentu banyak yang melakukan itu saat kecil. Pertanyaannya, apakah arti hompimpah itu? Dari sebuah versi yang ditayangkan di acara Kick Andy, ternyata arti kalimat “Hompimpa Alaium Gambreng” bermakna: “Dari Tuhan Kembali Ke Tuhan, Mari Kita Bermain”

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 40 Maret 2015

LEAVE A REPLY