Home Technology and Tips Survei Kompas: Facebook Paling Sering Diakses Netizen Jakarta Hingga 77,5 Persen

Survei Kompas: Facebook Paling Sering Diakses Netizen Jakarta Hingga 77,5 Persen

574
0

Sempat dianggap kalah populer dengan Twitter, Facebook kembali merajai platform media sosial yang digunakan warga pengguna internet (netizen) di Indonesia, terutama di Jakarta. Hal itu setidaknya tercermin dari hasil survei harian Kompas yang diselenggarakan pada 14-22 Desember 2015.

Metode survei dilakukan dengan tatap muka yang diselenggarakan Litbang Kompas pada 14-22 Desember 2015.

Sebanyak 1.414 responden warga Jakarta berusia minimal 13 tahun yang dipilih secara acak menggunakan pencuplikan sistematis. Tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin off error penelitian kurang lebih 2,6 persen.

Hasil survei Kompas menyatakan, sebanyak 77,5 persen mengaku mengakses Facebook, 7,8 persen mengakses Instagram, 6 persen mengaksses Twitter, 4,7 persen mengakses Path, dan 4 persen mengakses platform lainnya

“Meski demikian, mereka memanfaatkan lebih dari satu platform medsos. Mayoritas responden mengaku setidaknya terbiasa menggunakan tiga platform medsos sehari-hari, yakni Facebook, Twitter, dan Instagram,” tulis Dwi Erianto dari Litbang Kompas dalam publikasinya di harian Kompas pada Selasa (19/1/2016). Publikasi survei Kompas bisa dibaca di Potret Perilaku Bermedia Sosial.

Hal lain yang menarik, tampak bahwa pengguna medsos di Indonesia didominasi usia muda, dari remaja hingga usia produktif. Semakin muda usia, semakin sering pula mereka mengakses medsos.

“Pada golongan usia di bawah 30 tahun, mayoritas responden mengaku mengakses medsos setiap hari,” papar Dwi. Sementara itu, hanya seperempat responden pengguna medsos dari kelompok usia di atas 30 tahun yang mengaku mengakses medsos setiap hari.

Rata-rata responden mengakses medsos selama dua jam per hari. Dwi mengungkapkan, lebih dari 60 persen responden yang mengakses medsos kurang dari 60 menit dalam sehari, sementara sekitar 40 persen lainnya mengakses lebih dari 60 menit, bahkan 11 persen di antaranya mengakui mengakses medsos lebih dari tiga jam per hari.

Hampir sepanjang hari mereka mengakses medsos, mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam hari di luar jam tidur atau istirahat. Meski demikian, frekuensi terbesar mengakses medsos dilakukan pada malam hari, yakni disuarakan 75 persen responden.

Sementara yang mengakses pada siang dan sore hari sebanyak 62 persen. Hanya 40 persen responden yang mengaku mengakses medsos pada pagi hari.

Source : Kompas.tekno

Previous articleTeknologi Jepang Paling Inovatif, dari Kereta Cepat sampai Tisu Toilet…
Next articleSensasi 4 Gaya Lenovo ThinkPad P40

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.