Home News WMM Forum, Komunitas Pembentuk “Kartel” Wirausaha

WMM Forum, Komunitas Pembentuk “Kartel” Wirausaha

1239
1

BARU dua tahun terbentuk (Januari 2014) di Jakarta, Wirausaha Mandiri Forum — organisasi non profit yang menaungi alumni (nasional dan wilayah) program Wirausaha Muda Mandiri (WMM), terus bergerilya menjaring wirausaha pemula. Desember kemarin, giliran Balikpapan dikunjungi alumni WMM yang tergabung dalam komunitas ini. Adalah President Forum WMM Nasional Firmansyah Tela, yang memimpin tak kurang dari 40 pengusaha muda  dari berbagai kota di Indonesia pada 18-20 Desember dalam  rangkaian sosialisasi WMM di daerah, sekaligus business matching di agenda bertema Thematic Event #Kreatif Balikpapan.

“Forum Wirausaha Mandiri dibentuk dari latar belakang kesamaan tujuan dan maksud untuk kolaborasi, sharing dan berkembang bersama sebagai pengusaha muda Indonesia,” ungkap Firmansyah.

Visinya, menjadi jaringan global wirausaha mandiri yang bisa memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat luas. WMM Forum terus memperluas networking, menjaring informasi dan pengetahuan baru tentang kewirausahaan. “Tentu juga mendapatkan peluang bisnis sesama anggota,” tambah Firman.

Kunjungan ke Balikpapan diikuti para pengusaha muda jebolan WMM dari Jogja, Jakarta, Pontianak, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Lampung, Palembang, Surabaya, Ponorogo, Bandung, hingga Aceh.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar sosialisasi di Kampus Uniba yang melibatkan ratusan mahasiswa untuk dijejali pemahaman
wirausaha dan diajak ambil bagian berani memulai bisnis.

Tampil sebagai pembicara para Finalis dan pemenang Nasional WMM 2014-2015, seperti Ary Widianto pemilik usaha pabrik karpet dan interior Emeral Interindo, Filsa Budi pemilik Peyek Kepiting, Krisna Galih owner owner Onix Radio dan Raden Nugroho dari Discover Borneo (DB).

Diketahui, program Wirausaha Mandiri dimulai sejak 2007, dan sudah melahirkan lebih dari 7.000 alumni se Indonesia, dan terus menyaring generasi pencipta lapangan kerja. Setiap tahun, selalu ada penjaringan peserta. Ada beberapa kategori bidang usaha yang bisa diikuti, yakni wirausaha kategori Industri, Perdagangan dan Jasa, Kategori Boga, Kategori Kreatif, dan Kategori Teknologi dan Wirausaha Sosial.

“Tahun 2015 sudah ditutup. Info update tahun berikutnya bisa diikuti di website  www.wirausahamandiri.co.id,” tambah Krisna Galih, President Chapter WMM Forum Balikpapan.

BERKESAN DI BALIKPAPAN

Rangkaian business matching dan sharing Thematic Event #Kreatif Balikpapan diisi dengan bermacam agenda. Selain sosialisasi, juga trip ke sejumlah lokasi wisata, kuliner dan usaha industri kreatif yang ada di Kota Minyak.

“Kami sangat berkesan dengan acara di Balikpapan. Kotanya bersih, potensinya besar. Obrolan dengan rekan-rekan WMM di seluruh Indonesia, cita-cita kami ingin menjaring wirausaha dan membuat koneksi layaknya kartel yang kuat, tentu dalam konteks yang positif,” sebut Firmansyah dan Ary Widianto dalam obrolan Business Matching bersama anggota WMM di Hotel Novotel, tempat peserta bermalam.

Kompetisi kewirausahaan mandiri ini menjadi program yang meningkatkan skills dan kapasitas ribuan wirausaha muda sejak pertama kali digelar pada 2007 lalu.

Selain menginspirasi banyak generasi muda, ajang Wirausaha Mandiri juga menjadi referensi untuk berani memulai usaha karena kerap dimentori oleh banyak pengusaha sukses di Indonesia seperti Sandiaga Uno, Chairul Tanjung, Dahlan Iskan, Rhenald Kasali, dan banyak lagi. Penghargaan ajang ini juga selalu mendapat apresiasi tinggi.

Seperti tahun lalu, pemenang mendapat piala langsung dari Presiden RI Joko Widodo di Jakarta. Sementara, dalam momen penghargaan kompetisi kewirausahaan, juga selalu dimeriahkan dengan expo yang diikuti 250 wirausaha muda binaan Mandiri. Expo tersebut menjadi ajang showcase produk para wirausahawan jebolan WMM.(pr)

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 49 Januari 2016.

Previous articleLagi, Pertamina RU V Balikpapan Raih Penghargaan K3 Kota
Next articleSantap Tuna Saat Hamil Dongkrak IQ Anak

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.