Home Info Kota & Ekonomi Balikpapan Sabet Penghargaan Kota Cerdas

Balikpapan Sabet Penghargaan Kota Cerdas

718
0

Kota Minyak meraih juara kedua Kota Cerdas dalam acara Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015. Balikpapan di bawah Jogja untuk kategori kota berpenduduk antara 200 ribu hingga 1 juta jiwa, menyusul Surakarta, Pontianak, dan Malang.

Penghargaan tertinggi Kota Cerdas Indonesia 2015 direbut oleh Kota Surabaya yang menerima piala dari Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla. Kategori lain adalah kota berpenduduk sampai 200 ribu jiwa, diperoleh Kota Magelang disusul Madiun, Bontang, Mojokerto, dan Salatiga. Sedangkan kategori Kota berpenduduk diatas 1 juta juara 1 adalah Surabaya,  disusul Tangerang, Bandung, Depok, dan Semarang.

Ada 3 aspek dasar penilaian kota cerdas, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Kota yang dianggap telah menerapkan konsep cerdas berarti bisa memenuhi kebutuhan dan memecahkan persoalan warga di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. Dari 98 kota di Indonesia, semuanya diikutkan dalam pemeringkatan ini.

Wali Kota Rizal Effendi yang menerima penghargaan itu menuturkan, Balikpapan sejauh ini berkomitmen dan konsisten melarang segala bentuk penambangan. Rizal juga memperkenalkan heterogenitas masyarakat yang memiliki setidaknya 140 paguyuban, dan memaparkan bahwa generasi mendatang di Balikpapan lahir dari percampuran berbagai budaya yang ada.


“Seperti banyak penghargaan sebelumnya, ini dari dan untuk masyarakat.┬áKonsep kota cerdas juga harus sejalan dalam mewujudkan kota layak huni dan nyaman,” papar Rizal. Rizal juga mengajak semua pihak tetap bekerja keras dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dan bernilai ekonomis. (hms)

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 46 September 2016

Previous articleDid You Know: Orang yang Meninggal Karena Rokok Melebihi Korban Tewas Akibat Perang
Next articleDID YOU KNOW : Tidur Berlebihan Bisa Membuat Orang Sulit untuk Mengambil Keputusan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.