Home Info Kota & Ekonomi Gerhana Matahari Total di Balikpapan, Seperti Apa?

Gerhana Matahari Total di Balikpapan, Seperti Apa?

1056
0
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa fenomena alam yang sangat langka; gerhana matahari total akan tampak di beberapa daerah di Indonesia termasuk Balikpapan. Fenomena tersebut akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Gerhana matahari total terjadi ketika posisi Bulan berada di antara matahari dan Bumi sehingga menutup seluruh cahaya matahari. Saat itu piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari.
Jika ingin melihatnya, Anda harus tahu pasti waktu terjadinya gerhana matahari tersebut. Gerhana Matahari Total di Balikpapan akan terlihat pada 4 kontak. Kontak pertama yaitu pada pukul 07.25 WITA, kontak ke dua pukul 08.33 WITA, kontak ke tiga pukul 08.34 WITA, dan kontak ke empat pada pukul 09.35 WITA. Durasi totalitas gerhana matahari tersebut adalah 1 menit 9 detik dan ketinggian matahari saat totalitas berada di 32,8 derajat.

Pada kontak pertama pukul 07.25 WITA, posisi Bulan sudah mendekati garis antara matahari dan Bumi. Tampak piringan Bulan hampir menutup piringan matahari.

Pada kontak kedua pukul 08.33 WITA, posisi Bulan sudah berada di antara matahari dan Bumi. Cahaya matahari hampir seluruhnya tertutup oleh Bulan.

Pada kontak ke tiga pukul 08.34 WITA, posisi Bulan bergeser sehingga cahaya matahari yang sebelumnya hampir tertutup seluruhnya mulai tampak lagi.

Pada kontak ke empat pukul 09.35 WITA, posisi Bulan semakin menjauhi garis antara matahari dan Bumi. Saat itu, cahaya matahari sudah tidak tertutup oleh Bulan lagi.

Untuk bisa menyaksikan fenomena tersebut, Anda bisa datang ke acara Pesta Laut dan Pengamatan Gerhana Matahari Total pada 9 Maret mendatang di Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. Acara tersebut juga termasuk dalam rangkaian acara HUT Kota Balikpapan yang ke 119 tahun.

Source : https://drive.google.com/a/godiscover.co.id/file/d/0ByLnsWkKbUB4dVFwUUdJd1NST2s/view, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan

Previous article6 Tips Foto Travel yang Unik
Next article15 Februari, PDAM Menggilir Produksi Air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.