Menyulap Lampu Jadi Tampak Bintang

Menyulap Lampu Jadi Tampak Bintang

339
0
SHARE

Memotret taman kota dengan lampu-lampu temaran di sekelilingnya akan tampak lebih indah jika Anda mengetahui cara yang tepat. Pendar cahaya yang dikeluarkan dari sumber cahaya bisa berubah seperti bintang di langit. Coba tips berikut ini:

1. Gunakan Tripod
Memotret malam hari dengan angka f besar, memaksa kita memasang shutter speed lama. Karena itu butuh penyangga (tripod) agar hasil foto tak seperti grafiti. Pada foto di atas, bukaan yang digunakan adalah f/18 dengan shutter speed di atas 25 detik.

2. Perhatikan Seting Pada Kamera

Untuk jenis foto pada gambar di atas, gunakan f yang besar: f/11 atau lebih besar. Set ISO pada angka rendah, di bawah 400 karena Anda akan memotret long exposure. Anda bisa menggunakan mode manual maupun aperture priority, yang jelas perhatikan angka metering kamera. Untuk pemotretan malam akan cenderung over exposure (terlalu terang). Jadi pakai exposure compensation under 1 stop sebagai langkah awal dan sesuaikan setelahnya.

3. Seting Fokus
Dengan angka aperture besar, Anda tak akan pusing memikirkan fokus. Namun kalau mau aman ambil titik fokus secara manual, set di infinity.

4. Manfaatkan Highlight Alert Kamera
Anda tahukan? Highlight alert kamera biasanya muncul dengan tanda peringatan kerlap-kerlip atau bling-bling yang muncul di LCD saat kita memotret subjek terang. [*/bel]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 29 Mei 2014

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.