Tips Mengamati Si Cantik

Tips Mengamati Si Cantik

304
0
SHARE

Untuk melakukan pengamatan sebenarnya cukup mudah. Burung merupakan hewan yang hampir umum dijumpai di mana saja. Dengan hanya hadir di suatu lokasi dan bekal keinginan kuat untuk melihat dan memahami fenomena alam saja, sudah menjadi modal yang cukup.

Berikut sedikit tips untuk birdwatcher pemula:
– Pengamatan sebaiknya dilakukan sepagi mungkin, karena burung paling aktif saat pagi hari. Sore hari dapat juga dilakukan, namun biasanya burung yang dijumpai tidak seaktif di pagi hari.
– Alat bantu pandang seperti teropong tidak selalu mutlak dibutuhkan. Teropong diperlukan pada kondisi khusus, misalnya jarak obyek cukup jauh, obyek tidak mungkin didekati, atau memang ingin mengamati lebih detil.
– Saat melakukan pengamatan hendaknya tidak memakai pakaian dengan warna mencolok. Usahakan memakai pakaian dengan warna yang tersamar dengan lingkungan sekitar.
– Buku catatan kecil perlu dibawa untuk mencatat jenis burung yang dijumpai, atau untuk membuat sketsa jenis yang belum teridentifikasi.
– Buku panduan identifikasi akan sangat membantu, terutama jika mengunjungi daerah baru, atau masih merupakan pengamat pemula.
– Posisi ideal saat pengamatan adalah dengan membelakangi matahari, atau di sebelah samping.
– Berjalan dengan pelan dan tidak berbicara keras supaya burung tidak terkejut. Berdiam diri beberapa saat di suatu titik pengamatan akan sangat membantu.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 27 Maret 2014

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.