Jalan Keluar di Saat Sulit

Jalan Keluar di Saat Sulit

230
0
SHARE
Sepanjang tahun ini, kita melewati gelombang yang harus diakui cukup berat dalam siklus ekonomi global. Kami mendapat banyak laporan dan informasi bahwa banyak pelaku usaha di sektor industri, perdagangan dan jasa, yang goyang bahkan terhempas badai itu. Tapi, selalu ada optimisme dan jalan keluar di saat sulit.
Namun, kami melihat pelaku UKM/IKM di sisi lain juga bertumbuh atau terus menggeliat. Kegiatan-kegiatan pembinaan pada IKM (Industri Kecil Menengah) juga banyak dilakukan, baik dengan metode sharing , pelatihan, maupun dukungan pada sejumlah sentra potensial. Semuanya untuk satu tujuan: pembinaan berkelanjutan untuk mendorong kemajuan bersama.
Evaluasi tentu ada. Masih kami temukan pengusaha yang kurang memahami regulasi dan syarat-syarat usaha dengan baik, sehingga menyulitkan atau berpengaruh pada perkembangan perusahaan tersebut.
Kami juga menemukan sejumlah pihak kesulitan memasarkan produk UMKM untuk dipasarkan. Memang, belum semua UKM bisa diikutsertakan dalam pameran yang difasilitasi oleh pemerintah daerah. Kami harap terus ada terobosan/inovasi dalam hal memasarkan produk UMKM, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi atau social media.

Kami tetap mendampingi pelaku UKM dan kami serap ide dan inovasinya, salah satunya dalam aktivitas bersama seperti gelaran Festival Penganan dan Cinderamata 2015 yang kami gelar belum lama ini.
Disperindagkop Kota Balikpapan terus mengadakan komunikasi/koordinasi dan sosialisasi untuk memberikan pembinaan bagi pelaku usaha dan memfasilitasi serta mengajak pelaku UMKM dalam pameran pameran, selain untuk mendongkrak omset, juga memperkenalkan produk-produk potensial dari Balikpapan. [*]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 49 Desember 2015

LEAVE A REPLY