Citarasa Tradisional, Berstandar Internasional

Citarasa Tradisional, Berstandar Internasional

363
0
SHARE

Sukses meng-kepiting-kan Balikpapan, Restoran Dandito hadir di Pulau Dewata Bali, sejak 3 Oktober 2015 lalu. Menyajikan hidangan seafood terbaik di kelasnya dengan bumbu khas Kalimantan Timur.

Restoran Dandito Bali terletak di jalan Raya Kuta No 47, Kabupaten Badung, Bali. Berada di kawasan strategis, mudah dijangkau dari segala arah. Lahan  parkirnya lega. Bisa menampung belasan kendaraan baik roda dua maupun empat dalam waktu bersamaan. Jadi, baik parkiran maupun tempat duduk di dalam, pelanggan tak perlu khawatir kehabisan tempat.

Ada dua ruangan, indoor dan outdoor dengan tata ruang yang apik, dari dekorasi hingga fasilitas hiburan. Pada indoor, dilengkapi AC, ruang khusus live music, dan puluhan meja. Outdoor, ada kolam ikan dan tanaman, dengan pemandangan yang artistik. Dandito memperhatikan setiap detailnya. Bahkan soal wastafel dan kamar mandi, sangat bersih, beraroma wangi, jauh dari kesan tak terurus.

Dengan andalan menu yang sama, seperti sup kepiting asparagus, kepiting lada hitam, kepiting soka bumbu asam manis, cumi cabai hijau dan tak ketinggalan udang galah goreng mentega, serta banyak lagi, Restaurant Dandito Bali memiliki standar yang sama dengan pusatnya di Balikpapan.

Restoran Dandito telah mengantongi / lolos sertifikasi bertaraf internasional atau The International Organization for Standardization (ISO) 22000:2005 dari Sucofindo tentang Food Safety Management Systems Certification yang di dalamnya terdapat Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP).

Lezat, Sedap, Nikmat

Tak sampai 10 menit, semua makanan akan terhidang. Sup kepiting asparagus pantas disantap selagi panas. Di dalamnya ada daging kepiting yang disuwir memanjang bercampur asparagus. Ketika sup menyentuh indra pengecap, hmmm … terasa smooth. Perpaduan antara manis dan asin menyatu sempurna. Asparagusnya langung lumat ketika ujung lidah menekan lembut ke arah gigi seri. Tidak perlu mengunyah. Rasa yang keluar dari sup kepiting asparagus tidak begitu kuat. Sup kepiting asparagus Dandito ini aman dikonsumsi segala umur. Mulai dari balita berusia enam bulan sampai kakek-nenek sekalipun.

Hidangan berikutnya Cumi Cabai Hijau. Rasa kuah dari cumi cabai hijau cukup strong. Dominan rasa asin dan manis bercampur sedikit rasa asam. Meski demikian, sewaktu dipadukan dengan nasi putih, kekuatan rasa menjadi seimbang. Bahkan bisa dibilang menyatu sempurna. Tingkat kematangan cuminya pas. Tidak kenyal seperti karet ataupun undercook. Enak digigit dan lagi ukurannya super mantap. Selagi menyantap cumi cabai hijau, cicipi juga kepiting soka bumbu asam manis secara bergantian. Rasanya kering dan asin bercampur crunchy.

Bagaimana dengan udang galah goreng bumbu mentega? Ukurannya jumbo. Warna udangnya terlihat merah merona dibalut guyuran kuah kental. Kulit punggungnya sudah diiris memanjang. Memudahkan bumbu meresap ke dalam. Dagingnya terasa manis sekaligus padat. Ketika dicampur dengan bumbu, ada perpaduan rasa yang cantik antara manis, asin dan asam. Last but not least, kepiting lada hitam yang siap disantap. Ini yang paling istimewa diantara menu premium lainnya. Kepiting lada hitam Dandito beratnya sekira 300 gram. Mutunya kualitas ekspor. Memenuhi kriteria baku dari Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti. Seluruh olahan kepiting di Restoran Dandito Cabang Bali, termasuk chef maupun bumbu dasar (terutama lada hitam) didatangkan khusus dari Balikpapan.

Menurut Rudy Setiawan, owner Dandito, kepiting ini diproses dengan cara dikukus, bukan direbus sehingga dagingnya tetap moisture. Tidak terkontaminasi oleh air rebusan. Rudy Setiawan juga menjelaskan, kepiting-kepitingnya selalu dimasak dalam keadaan segar. “Ciri kepiting berkualitas bagus sewaktu dihidangkan, bisa dilihat ketika cangkang dipecah. Kalau dagingnya nempel (pada cangkang), tandanya tidak segar,” tuturnya. Disebutkan, proses terjadinya alergi seusai menyantap hidangan seafood (dalam kasus kepiting) kerap terjadi karena kepiting berkualitas buruk akan memiliki kandungan yang buruk pula. Apabila kita tidak jeli dan tetap mengkonsumsinya, zat “jahat” masuk ke dalam tubuh.

Namun, Dandito menjaga hal itu. Bahkan, dari sekian banyak hidangan yang dimakan, tidak membuat perut terasa mual. Tak ada juga bau amis kepiting yang menyengat. Restoran Dandito juga menerima pesanan untuk dijadikan oleh-oleh. Rudy Setiawan menuturkan, kepiting buatannya mampu bertahan selama 12 jam pada suhu ruang. Bila dimasukkan ke dalam freezer bisa sampai 7 hari. Meski demikian, jika sudah dikeluarkan dan dihangatkan, sebaiknya lekas dihabiskan. Selain menjangkau pengiriman ke kota-kota besar di seluruh Indonesia, Restoran Dandito juga melayani pengiriman ke mancanegara baik Asia (Thailand & Singapura) maupun daratan Eropa (Belanda & Perancis). “Kita pakai penerbangan yang direct flight agar cepat sampai,” terang Rudy Setiawan.

Restoran Dandito Cabang Bali berada di jalan Raya Kuta No 47, Kabupaten Badung, Bali. Delivery Service area Kuta & Denpasar hubungi 0361-4726938, 0361-756209 atau HP 08113897276. [*]

BALIKPAPAN
Jl. Marsma Iswahyudi Gn. Bakaran
Phone. (0542) 764-367 | HP. 0811 – 532 – 368
Website : http://www.kepitingdandito.co.id/

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 49 Januari 2016

LEAVE A REPLY