Home Community Cross Country Pertamina

Cross Country Pertamina

938
0

17 Tahun Menapak Alam Indonesia

Sebagai sebuah komunitas, 17 tahun jelas bukan waktu yang sebentar. Bisa berdiri selama lebih dari satu dekade menunjukan cinta, kebanggaan dan semangat tinggi. Demikian lah yang terjadi pada Cross Country Pertamina (CCP). Komunitas penapak alam yang aktif pada September 1996 ini baru saja merayakan sweet seventeen.
Komunitas ini berawal dari kegemaran sejumlah pekerja Pertamina Refinery Unit V menjelajah alam. Hutan kota di sekitar Perumahan Dinas Pertamina adalah salah satu lokasi penjelajahan yang paling disukai.
Meski tidak selebat Hutan Lindung Sei Wain (HLSW), hutan di komplek perumahan ini cukup menantang. Medannya liar, banyak pepohonan rimbun. Trek yang tidak terlalu berat, sehingga cocok untuk country-crosser pemula.

Jelajah alam digelar setiap hari Sabtu. Mereka berkumpul di tempat parkir Pintu IV Kilang RU V untuk kemudian bersama-sama menyusuri lintasan yang telah ditentukan. Jarak yang ditempuh bervariasi antara 4 kilometer sampai 7 kilometer. Tidak terlalu jauh, namun tetap menguras tenaga karena medan yang tak mulus.
Berbeda dengan komunitas lain, CCP selalu membiasakan peserta cross country melakukan pemanasan dan pengecekan denyut nadi. Jarak dan waktu tempuh serta banyaknya kalori yang terbakar selalu dimonitor. Ini dilakukan agar mereka yang mengikuti program diet atau rehab medik lebih bersemangat.

Garis finis biasanya mengambil rest area seperti pepohonan rindang atau rumah makan.

Pada beberapa kesempatan CCP melakukan kegiatan bersama komunitas lain, baik cross country dari perusahaan lain maupun klub sepeda. Kegiatannya pun semakin beragam. Tidak hanya berjalan kaki keliling hutan, tetapi juga melakukan sejumlah aksi sosial dan bersih-bersih lingkungan.
Dalam perkembangannya, anggota CCP terus bertambah. Kini tidak hanya berisi pekerja dan keluarga pertamina, masyarakat umum juga mulai bergabung. Tercatat 70 anggota yang aktif melakukan kegiatan. Komunitas ini semakin giat menyusuri alam mulai hutan, pantai hingga gunung. Medan kering berdebu maupun menyeberangi sungai berarus sedang, kerap dilakukan. Tidak hanya di wilayah Balikpapan, komunitas ini juga pernah membelah hutan di kaki Gunung Bromo.
Salah satu misi komunitas ini adalah menggerakkan masyarakat gemar berjalan kaki dan mencintai alam bebas. (put)
Komunitas Cross Country Pertamina
Iriansyah (0542) 515280
Irianto (0542) 515285

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 22 Oktober 2013

Previous articleOtak-atik Kertas ala Paper Replika Indonesia
Next articleTrail Adventure

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.