Home Community Ikan Cupang si Mungil nan Cantik

Ikan Cupang si Mungil nan Cantik

2385
0

Komunitas Hobi Cupang Hias Balikpapan (HCHB)

Apakah hobi anda?… Untuk menghilangkan kejenuhan dalam rutinitas kerja maka seseorang akan meluangkan waktunya untuk kepuasan batinnya salah satunya adalah dengan menyalurkan hobi yang dimilikinya. Sekarang sudah ada sekitar 30 orang anggota HCHB. Sekretariat HCHB di Jl. Mayjend Sutoyo RT.03 N0.38 Gang Merdeka Depan PLTD Gunung Malang GSI Balikpapan.

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya ada dibeberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Berikut ini teknik-teknik yang perlu diperhatikan.

A. Memberi Pakan Alami
Untuk perawatan sehari-hari, cupang hias cukup diberi pakan alami, seperti kutu air, cuk (jentik nyamuk), atau cacing beku. Berikan pakan sekali sehari. Berikan pakan secukupnya. Jika pakan terlalu banyak diberikan, bisa berdampak buruk terhadap kebersihan air akuarium dan kesehatan ikan.

B. Mengganti Air Akuarium
Pengolahan air sangat penting agar cupang tetap sehat. Terlambat mengganti air akan menyebabkan penyakit. Semakin sering air akuarium diganti, pertumbuhan ikan cupang akan semakin cepat. Batas maksimum pergantian air 3 hari sekali.

C. Melatih Mental
Di dalam perawatan sehari-hari, cupang perlu dilatih mentalnya. Untuk melatih cupang cukup hadapkan cupang andalan dengan cupang lain yang seukuran setiap hari selama 20 menit.

Bagi teman-teman yang ingin bergabung di HCHB dan menginginkan informasi tentang ikan cupang bisa langsung menghubungi Herry : 085753105391, Wahyu : 081346366007, Rachmad : 08125229285 atau di akun FB : hobi cupang hias balikpapan.

HOBI CUPANG HIAS BALIKPAPAN

Ikan Cupang atau Betta Splendens punya banyak penggemar di Balikpapan. Selain bentuk unik, tipe dan warna beragam serta cara perawatan yang mudah menjadi alasan penggemar ikan hias menyukai Cupang. Tingginya peminat ikan jenis ini juga membuka peluang usaha budi daya.

Tidak mudah mendapatkan cupang yang bagus. Mereka harus mencari strain atau keturunan baru yang benar-benar memiliki kelebihan dibanding generasi sebelumnya. Agar mendapat informasi yang lebih komplit tentang ikan jenis ini, sesame hobiis Cupang membentuk komunitas.

Jadilah Hobi Cupang Hias Balikpapan (HCHB) sebagai wadah kelompok ini. Sekitar 30 orang tercatat sebagai anggota HCHB. Mereka berbagi informasi perawatan serta pembudidayaan ikan berbagai jenis Cupang.

Komunitas ini mewadahi penggemar Cupang alam, hias, maupun ikan laga atau aduan. Khususnya untuk cupang hias ada beberapa jenis antara lain Halfmoon, Plakat, Crowntail (serit), Doubletail dan Gaint. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan ini kuat bertahan hidup dalam waktu lama. Meski ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa alat sirkulasi udara (aerator), ia masih dapat bertahan hidup. Perawatannya gampang. Yang di perlukan hanyalah ketekunan dan ketelitian. Contohnya pemberian pakan secara teratur, pergantian air maksimal 3 hari sekali. [*]

Sekretariat HCHB
Jl. Mayjend Sutoyo RT.03 N0.38
Gang Merdeka Gunung Malang, Balikpapan
C.P. Herry : 0857 5310 5391, Wahyu : 0813 4636 6007
FB : hobi cupang hias balikpapan.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 28 April 2014

Previous articleMengabadikan Alam Bersama Hiperfokal
Next articleSkyscraper City

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.