Mengenal Golf

Mengenal Golf

563
0
SHARE

Lapangan

Golf adalah olahraga yang tidak memiliki standar tertentu pada lapangan permainan. Akan tetapi padang golf memiliki jumlah lubang (hole) yang umumnya terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang. kita harus menyelesaikan 18 hole pada setiap satu game.

Bermain golf pada dasarnya bermain memasukkan bola ke dalam lubang sebanyak 18 kali, yang dimulai dari teebox yang diakhiri dengan memasukkan lubang (hole atau cup) yang ada di putting green. Setiap hole hanya memiliki satu lubang.

Bagian Lapangan pada setiap Hole

Pukulan pertama dimulai dari teebox atau teeing ground. Untuk pemain pro teebox berjarak paling belakang, ditandai dengan patok batu hitam. Sedang untuk ladies, teebox berada paling depan ditandai dengan patok batu merah. Teebox biasanya dibuat lebih tinggi sekitar 1 meter dan rumputnya dirawat dengan baik.

Tee off

Adalah pukulan pertama yang dilakukan di atas teebox, disebut juga tee shot. Pada pukulan ini pemain diperbolehkan meletakkan bola diatas penyangga atau biasa disebut dengan tee.

Rintangan atau hazards

Setiap hole biasanya memiliki rintangan atau hazards. Rintangan terdiri atas dua macam yaitu; rintangan alam dan buatan. Bisa berupa sungai, danau, bunker atau cekungan berisi pasir, dan sebagainya.

Putting Green

Setelah mencapai green, lazimnya pemain memakai stik golf berpermukaan datar yang disebut putter. Rumput di green dipotong sangat pendek sehingga bola bisa bergulir dengan mudah.

Lubang harus berdiameter 108 mm (4.25 inci), selalu berada di rumput dan memiliki kedalaman sedikitnya 100 mm (3.94 inci). Cup biasanya selalu ditandai dengan sebuah bendera sehingga pemain bisa melihatnya dari kejauhan.

Par.. Klasifikasi dari tiap Hole

Hole diklasifikasikan berdasarkan par. Par adalah jumlah pukulan yang diharapkan dapat dipenuhi pegolf yang bermain “aman”, di setiap hole.

Skor dalam golf

Permainan dihitung dan dicatat dalam scorecard dari berapa kali pemain memukul bola dalam setiap hole. Pada akhir permainan akan dihitung total pukulan dalam 18 hole. Pemain dinyatakan sebagai pemenang bila mendapat skor yang sedikit atau jumlah pukulan yang paling sedikit (bahkan hingga minus).

Tipe pukulan dalam golf

– Tee shot
adalah pukulan pertama dari teeing ground. Tee shot biasanya dilakukan dengan menggunakan driver (misalnya 1-wood) untuk hole yang panjang atau iron pada hole yang lebih pendek.

– Fairway shot
Stik golf jenis iron atau wedge biasa digunakan untuk melakukan pukulan ini.

– Bunker shot
Pukulan ini dilakukan jika bola mendarat di atas bunker. Pukulan ini biasanya menggunakan sand wedge.

– Punch atau knockdown
adalah pukulan rendah yang dilakukan untuk menghindari cabang pohon atau angin yang kuat di atas.

– Putting
adalah pukulan yang dilakukan di atas green dan menggunakan putter dan bagi sebagian besar pegolf merupakan pukulan tersulit.

– Approach shot
adalah pukulan yang dilakukan untuk mendekatkan bola ke green. Pukulan ini biasanya dilakukan pada jarak yang sedang atau dekat. Tipe approach shot terdiri dari 3 jenis:

– Pitch
adalah approach shot yang menerbangkan bola ke atas green atau dekat green. Pitch shot biasa dilakukan dengan menggunakan iron 6 hingga lob wedge.

– Flop
adalah approach shot yang lebih tinggi lagi dan langsung berhenti sesaat setelah menghantam tanah. Pukulan ini dilakukan ketika pemain harus menghadapi rintangan untuk mencapai green. Flop biasa dilakukan dengan menggunakan stik golf sand wedge atau lob wedge.

– Chip
adalah approach shot yang rendah ketika bola terbang rendah dan kemudian bergulir mengarah ke green.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 23 November 2013

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.