Home Community Otak-atik Kertas ala Paper Replika Indonesia

Otak-atik Kertas ala Paper Replika Indonesia

1645
0
AWALNYA, SEJUMLAH PENGGEMAR MODEL KERTAS MEMBUAT THREAD DI FORUM KASKUS. TUJUANNYA SEKADAR BERBAGI INFO. LAMBAT LAUN, ANGGOTA FORUM MAKIN BERTAMBAH. PARA KONTRIBUTOR PUN SEMAKIN KEWALAHAN MENJAWAB PERTANYAAN PARA ANGGOTA.
Lantaran tak mampu membendung antusiasme para member, thread pun berseri. Bulan Mei 2008 sempat ditutup, dan dilanjutkan kembali di thread part 2 setahun kemudian. Untuk mendokumentasikan seluruh aktivitas dilakukan backup thread pada 2010. Seluruh informasi bisa diunduh di situs ini.

Tahun 2007 sepertinya bisa dijadikan langkah awal aktivitas darat komunitas ini dengan mengadakan pameran di Margonda Plaza, Depok. Kemudian di penghujung 2008 diadakan lomba papercraft di kampus IPB. Tahun 2009 diawali dengan kopi darat dan mengikuti Pameran Ekonomi Kreatif 2009 di Jakarta, serta membuka seminar dan workshop papermodel di acara IndoComTech 2009.

Berbeda dengan origami, hasil karya komunitas ini menghasilkan bentuk tiga dimensi. Hasilnya, model yang dibuat menjadi amat mirip. Karena itulah, tingkat kesulitan yang dihadapi para pembuat replika dari kertas juga lebih tinggi. Mereka tak hanya harus bisa menggabungkan potongan-potongan kertas yang dibentuk, melainkan juga wajib memberi warna yang tepat.

Tak hanya dimulai dari desain sederhana dan berukuran kecil seperti hewan, tokoh kartun, aneka macam senjata, urban art, dan binatang. Bahkan sampai yang rumit pun ada. Lama waktu bergantung dengan template paper craft. Semakin banyak template semakin lama pembuatannya. Cara merakitnya pun terbilang susah-susah gampang. Perlu kekreatifan dan tingkat konsentrasi tinggi untuk perakitan paper craft yang sulit. Hobi yang satu ini memang memerlukan kesabaran, ketekunan, dan sikap pantang menyerah. Karena saat merakit perlu kedetailan dari karakter yang dibuat.
Di Balikpapan komunitas ini juga cukup aktif dengan mengikuti pameran. Mereka menciptakan tokoh-tokoh kartun, anime, hean, senjata, bangunan dan sebagainya. {*}

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 37 Desember 2014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.