Home News POGTI Gelar Lomba Panco Internasional

POGTI Gelar Lomba Panco Internasional

1419
0

Pengurus Olaharga Gulat Tangan Indonesia (POGTI) cabang Balikpapan akan menggelar pertandingan internasional dalam rangkaian HUT ke 119 tahun kota Balikpapan.

Pelaksanaan pertandingan akan dilaksanakan pada 18-20 Maret mendatang di Dome, Balikpapan. Nantinya akan diikuti sekitar 12 provinsi dari Bandung, Solo, Sidoarjo, Malang, Subang, Bekasi, Surabaya, Manado, Jakarta, Medan, Riau.

Selain diikuti kurang lebih 12 kota di Indonesia dan sejumlah negera seperti Malaysia, Thailand, Kazaktan, dan Singapura akan ambil bagian. “Target peserta seluruhnya 100 orang. Kita akan mulai pada 18 Maret untuk kelas pemula umum nasional,”katanya Sekretaris Persatuan olahraga gulat tangan Indonesia (POGTI) Balikpapan Rosali Mangawing kemarin.

Diakui pada pertandingan sebelumnya sejumlah atlet dari negara tetangga selalu mengirimkan atletnya pada lomba panco yang diselenggarakan pengurus kota Balikpapan.

“Paling banyak perserta luar dari Malasyia, nah yang Kazaktan ini memang juara dunia di kelas 65 dan 85 kg. Kita pertandingan kelas 65, 75, 85 kg, 95 kg dan kelas bebas dan ada kelas wanita. Kemarin eksebisi saja, nah ini kita pertandingkan resmi kelas wanita untuk nasional,” sambungnya.

Menurutnya, juara umumnya kerap dipegang oleh Malaysia yang memborong tiga kelas sekaligus sedangkan Indonesia hanya kebagian satu kelas yakni dikelas 65 Kg. “Disitu ada atlet Balikpapan juara II nasional namanya Juliansyah. Kalau Asia masih dominan Malaysia dan Thailand karena didukung oleh saran dan prasarananya,” katanya.

Pada pertandingan itu, akan memperebutkan hadiah total Rp120 juta sebagai uang pembinaan.

Dia berharap even nasional dan internasional ini juga ikut membantu pariwisata Balikpapan dalam mendongkrak tingkat kunjuman wisman atau domestik.

“Kayak Kazaktan kalau di kesini itu minimal habis Rp10 juta perorang. Tapi mereka yang biayai negaranya. Jadi kita di Popti ini ada bantu juga untuk hidupkan pariwisata Balikpapan. Tahun lalu kita ikut di Pataya Thailand luar biasa perlombaan panco itu. Mereka yang hadir banyak sekali,” tukasnya. (din)

Source : Koran Kaltim

Previous articleEducation Expo Sosialisasikan Sekolah di Kota Minyak Bagus-bagus
Next articleSeru, Konser Burung di STT Migas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.