Home News Kemenpar Targetkan Jadi Negara Wisata Halal Terbaik di Tahun 2019

Kemenpar Targetkan Jadi Negara Wisata Halal Terbaik di Tahun 2019

701
0

Setelah ajang GMTI selesai diluncurkan, Kementerian Pariwisata mulai menyusun target. Targetnya yaitu menjadi negara muslim terbaik untuk wisata halal di tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016. Bertempat di Hotel Pullman, Jl MH Thamrin Jakarta, Arief menyebut 3 target utama yang harus dicapai kementerian yang dipimpinnya sampai tahun 2019.

“Targetnya tentu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan muslim dari 2 juta orang, menjadi 5 juta orang di tahun 2019. Kenapa 5 juta? kalau hanya naik ke 4 juta, dari target besarnya 20 juta wisman, itu hanya 20 persennya, berarti tidak naik itu. Target harus lebih tinggi dari 20%,” ujar Arief kepada wartawan, Rabu (23/3/2016).

Target kedua menurut Arief, yaitu meningkatkan kunjungan turis muslim domestik. Yang semula sekitar 80% dari 250 juta orang penduduk Indonesia, yaitu sekitar 200 juta perjalanan wisata, menjadi 220 juta perjalanan wisata domestik di tahun 2019.

Target terakhir tentu saja menjadi negara yang terbaik untuk dikunjungi traveler muslim, menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) yang dikeluarkan oleh Crescent Rating bekerja sama dengan Master Card. Menjadi yang terbaik berarti memberi bukti nyata bahwa pemerintah benar-benar serius melirik potensi wisata halal dari seluruh penjuru dunia.

“2015 di peringkat 6, target 2019 jadi peringkat 1, at any cost. Anda bisa suka tidak suka, tetapi gunakanlah standar yang sudah ada dan di acknowledge oleh dunia global. Bertingkah lakulah sebagaimana yang dinilai,” tutup Arief.

(wsw/shf)

Source : Detik Travel

Previous articleGalakkan Melancong Bersih!
Next articleJadilah Wisatawan yang Bijak dan Ramah Terhadap Satwa Laut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.