Home Lifestyle Masihkah Gaji Wanita Lebih Kecil dari Pria?

Masihkah Gaji Wanita Lebih Kecil dari Pria?

723
0

Selain tingkat pendidikan, jenis kelamin menjadi salah satu faktor yang dipandang sebagai penyebab adanya kesenjangan gaji. Selama ini, pria dipandang memiliki kemampuan yang lebih dari wanita, sehingga tidak jarang pria memiliki pendapatan yang lebih besar dari wanita. Benarkah saat ini masih terjadi kesenjangan pendapatan antara pria dan wanita?

Jobplanet menemukan fakta baru bahwa sekarang hampir tidak ada kesenjangan pendapatan antara pekerja pria dan wanita di Indonesia. Beberapa bidang pekerjaan bahkan memberikan gaji rata-rata yang lebih tinggi kepada karyawan wanita ketimbang karyawan pria.

Temuan tersebut diperoleh Jobplanet berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap informasi gaji dari sekitar 60.000 responden yang tersebar di 35 propinsi di Indonesia, yang terkumpul melalui situs Jobplanet.com hingga pertengahan Maret 2016.

Jobplanet menemukan bahwa pada level staf, bidang-bidang pekerjaan yang memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan wanita ketimbang karyawan pria adalah yang berhubungan dengan engineering, hukum, serta riset dan pengembangan. Rata-rata staf wanita memiliki gaji 10% lebih besar dari staf pria.

“Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena berdasarkan data yang kami peroleh dan analisis, ternyata beberapa bidang pekerjaan, terutama bidang engineering yang dikenal sebagai bidang yang didominasi oleh pria, justru memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan perempuan,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Berdasarkan analisis terhadap informasi gaji para responden secara keseluruhan, Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata yang diterima oleh staf wanita di Indonesia adalah sebesar Rp 3.660.000 atau lebih tinggi 1,1% dibandingkan dengan gaji rata-rata staf pria yang sebesar Rp 3.621.000. Sementara itu, gaji rata-rata manajer wanita di Indonesia adalah sebesar Rp 7.696.000 atau lebih besar 4,6% dibandingkan gaji rata-rata manajer pria sebesar Rp 7.356.000. Angka-angka tersebut diperoleh dari perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh karyawan, dan belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka.

“Jika dihitung secara keseluruhan, gaji rata-rata yang diperoleh karyawan wanita juga lebih tinggi daripada gaji rata-rata yang diterima oleh karyawan pria, baik di level staf maupun di level manajer. Meski demikian, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita,” pungkas Kemas.

Source : Marketeers.com

Previous articleOemy Raih Balikpapan Marketing Champion 2016
Next articlePantai Kilang Mandiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.