Pantai Ambalat

Pantai Ambalat

728
0
SHARE

Garis pantai yang menjadi batas Kota Balikpapan di sisi Selatan dan Timur adalah pantai sepanjang 45 kilometer. Kita sudah membahas pantai-pantai di wilayah selatan. Ambalat adalah batas paling timur wilayah Balikpapan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pantai Ambalat adalah batas wilayah kedua daerah. Masuk wilayah Kutai Kartanegara, tetapi pantai yang belum tersentuh ‘modernisasi’ ini lebih mudah dijangkau dari Balikpapan. Letaknya sekitar 33 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Berada di wilayah administratif Kelurahan Amborawang Laut , Kecamatan Samboja. Konon, Ambalat merupakan akronim dari nama kelurahan itu.

Pelesiran menuju Pantai Ambalat adalah perjalanan yang menyenangkan. Persawahan dan kebun sayuran menjadi pemandangan sepanjang jalan.

Pantai Ambalat belum banyak di-‘make up’ oleh pemerintah. Karena itu, tak heran jika pantai berpasir putih ini masih terkesan alami. Gugusan pohon cemara menambah keteduhan di pantai yang tenang ini. Bagi mereka yang gemar berenang di laut, kawasan ini patut menjadi pilihan. Selain cukup bersih, ombak di pantai ini relatif kecil.

Kawasan ini, bisa jadi merupakan lokasi yang tepat bagi penggemar fotografi. Banyak spot menarik menunggu bidikan lensa kamera. Seperti keberadaan pohon bakau di sisi timur dengan burung-burung bangau yang hinggap mengintai mangsa. Anda bisa menyewa rumah pantai untuk bermalam di tempat ini.

LEAVE A REPLY