Food Street

Food Street

461
0
SHARE

KEPALA IKAN BANG JONI

Dulu, setiap kali ingin menyantap gulai kepala ikan di Balikpapan, yang terbayang adalah rumah makan padang. Karena hanya di rumah makan urang awak itu, gampang dijumpai kepala ikan yang disajikan dengan kuah kari, cabe hijau, cabe merah plus aroma daun sereh yang kuat. Kepala ikan juga menjadi menu tambahan di rumah makan-rumah makan penyaji seafood.

Sejak keberadaan Bang Joni dengan sejumlah juru masaknya, kini kita bisa menikmati sajian kepala ikan yang benar-benar spesial. Kepala ikan menjadi menu utama di rumah makan ini. Pilihan Bang Joni, nama pemilik sekaligus nama rumah makan ini, benar-benar tepat. Buktinya, baru setahun berdiri, warung ini sudah menjadi langganan pecinta kuliner hingga pejabat.

Kepala Ikan Asam Pedas menjadi idola pengunjung. Bahan utamanya kepala ikan kakap segar yang dikukus lalu disiram dengan kuah bumbu mendidih hingga mirip tom yam kental. Rasa asam diperoleh dari buah nanas yang diiris sedang. Selain menimbulkan rasa asam alami, kandungan buah nanas juga ampuh mencegah kolestorel. Jika ingin mencoba sensasi lain, Anda bisa meminta kepala ikannya dibakar atau digoreng.

Bang Joni menyajikan olahan seafood lain sebagai pendamping. Ada cumi-cumi, udang hingga kepiting dengan cara penyajian beraneka rupa. Pelayanan yang ramah dan tata ruang yang resik membuat kita betah berada bersantap bersama keluarga. Tak heran jika rumah makan Kepala Ikan Bang Joni bisa menghabiskan 40-50 kilogram kepala ikan setiap hari.

SUDI MAMPIR

Salah dua mitos yang berkembang di masyarakat adalah; mengonsumsi daging kambing mampu meningkatkan vitalitas pria, sekaligus menaikkan risiko kolesterol. Bisa jadi dugaan itu benar karena dalam 100 gram daging kambing terdapat 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Itu menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, seorang guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam bukunya, “Sehat Itu Mudah”.

Bukan karena dua hal di atas yang menyebabkan pencinta kuliner berbondong-bondong rela mengantre di kedai Sudi Mampir, melainkan tak tahan akan kenikmatan sop kaki kambing di warung itu.

Racikan Hendar, sang pemilik kedai ini mampu membuat ratusan orang tergila-gila akan kaki (stengkel) kambing. Warung yang letaknya di pinggir jalan Ring Road atau jalan MT Haryono itu mampu menyajikan daging kambing dengan amat sempurna. Bau khas daging kambing nyaris hilang. Stengkel yang telah dimasak secara khusus mampu menciptakan sensasi lembut di lidah.

Sop kaki kambing menjadi menu andalan selain sate kambing sebagai menu pelengkap. Cara penyajiannya ‘menabrak’ tradisi warung sejenis, pengunjung memilih sendiri daging yang ingin disantap, baru kemudian dimasak. Kuah sop terasa istimewa.

Rupanya pemilik warung dengan jeli mengganti santan dengan susu bubuk, sehingga rasa gurihnya awet. Ditambah daun bawang, irisan tomat, bawang goreng dan emping melinjo, makin lengkap rasa yang ditimbulkan.

Sop Kaki Kambing Sudi Mampir sudah 7 tahun memanjakan lidah penikmat kuliner Balikpapan. Dengan nama yang sama, Hendar memiliki dua cabang lain, yakni di Batam Kepulauan Riau dan Medan Sumatera Utara. [eny]

Kedai Sudi Mampir
Jl MT Haryono
T 081253920009 (untuk pemesanan)

MANJA RASA

Satu lagi warung kaki lima recommended di jalan MT Haryono. Manja Rasa namanya. Jika Anda berkendara dari arah kota menuju Balikpapan Baru, kedai kuliner ini ada di sebelah kanan. Bertetangga dengan pompa bensin sebelum tanjakan, dan berhadapan dengan spa ternama, Majesty. Tempat ini mudah dikenali karena banyak kendaraan parkir di depan tenda.

Manja Rasa mengambil konsep one stop dining. Berbagai jenis olahan seafood ada di sini. Sebut apa saja yang Anda inginkan, pasti ada di tempat ini. Mulai cumi, kepiting, udang, ikan bahkan lele sekalipun.

Lele saus padang adalah salah satu menu yang tidak dijumpai di rumah makan manapun di Balikpapan. Jadi, Anda bisa mencobanya di tempat ini. Sajian ikan lele lainnya adalah goreng krispi.

Yang sudah dikenal tentu saja kepiting asam manis, cumi saus tiram, hingga ikan bakar rica. Sebagai pendamping, kita bisa memesan kangkung goreng krispi yang mengundang selera. Tak hanya hidangan utama yang memikat, semangkuk kecil sup hangat sebagai hidangan pembuka juga tak kalah menggoda.

Berbagai jenis seafood yang disajikan bergaya Makassar. Mulai cara penyajian, bumbu hingga sambal cocol yang khas. Sembari menikmati hidangan yang disajikan, kita bisa bercengkerama dengan keluarga atau relasi.

LEAVE A REPLY