Mangrove Margomulyo

Mangrove Margomulyo

683
0
SHARE

Objek wisata Hutan Mangrove Margomulyo terletak di Kelurahan Margomulyo, Balikpapan Barat, Balikpapan. Lokasinya berada di belakang SMA Negeri 8 Balikpapan. Jaraknya hanya sekitar 9 km dari pusat kota. Untuk mencapai lokasi ini, kita harus menggunakan kendaraan pribadi. Jika tidak ada, Anda harus menggunakan jasa tukang ojek dari Pasar Inpres Kebun Sayur.

Jangan lupa untuk membuat kesepakatan dulu dengan tukang ojeknya, termasuk apakah dia akan menunggu kita di depan pintu masuk atau tidak. Kalau belum terlalu sore biasanya di sekitar pintu masuk selalu ada tukang ojek yang mangkal, jadi tidak perlu khawatir masalah transportasi kembali ke kota.

Di hutan bakau ini kita dapat berkeliling menggunakan jembatan yang terbuat dari Kayu Ulin. Jembatan ini benar-benar akan membawa pengunjung berkeliling hutan karena bentuknya yang dirancang menjangkau hampir semua sudut hutan. Di beberapa lokasi kita bisa menemukan gazebo tempat berteduh dan menara pandang. Dari atas menara pandang kita bisa melihat hutan mangrove ini ke segala penjuru. Di beberapa lokasi juga terlihat pohon-pohon bakau yang baru saja ditanam lengkap dengan nama penanamnya.

Hutan mangrove ini paling banyak dikunjungi di sore hari. Warga sekitar terutama anak-anak memanfaatkan hutan ini untuk bermain-main. Mereka berinteraksi dengan alam di usia muda. Lokasi ini juga banyak digunakan oleh fotografer untuk berburu foto. Hutan bakau ini memiliki banyak spot menarik yang memanjakan lensa kamera.

Namun hiburan utama di Hutan Mangrove Margomulyo sebenarnya adalah kawanan Bekantan. Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah monyet endemik yang hanya hidup di hutan-hutan Kalimantan. Ciri-ciri khas Bekantan terletak pada hidungnya yang panjang dan rambut di tubuhnya berwarna coklat kemerahan.

Kawanan bekantan akan muncul pada siang hari untuk mencari makan biji bakau. Jika cukup beruntung, Anda juga bisa menyaksikan kawanan monyet.

Informasi Konservasi Mangrove Margomulyo
T 0542-421766

LEAVE A REPLY