Pasar Kebun Sayur

Pasar Kebun Sayur

474
0
SHARE

Jika kurang tertarik membawa oleh-oleh kepiting, Anda dapat berkunjung ke Pusat Perdagangan Batu Permata & Kerajinan Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan. Pasar ini merupakan salah satu tempat kunjungan wisatawan yang terkenal. Bagi pemburu permata, berlian, giok, emas dan sejenisnya, tempat ini adalah surga. Selain harga yang bersaing, koleksinya sangat lengkap.

Berbagai jenis batu mulia dijual bervariasi, seperti batu akik, kecubung, safir, ruby, akuamarin, zamrud dan sebagainya. Batu perhiasan dijual dari Rp 25 ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung pada karat berlian-berlian.

Semakin baik kualitas batu tentu lebih mahal. Untuk membedakan batu mulia yang bagus, Anda bisa melihat dari cirinya. Batu berkualitas rendah biasanya banyak serat. Batu permata asli akan terasa dingin ketika ditempelkan di pipi. Permata asli juga lebih berat dibandingkan bobot permata palsu. Permata lebih transparan, namun Anda tak perlu ragu untuk menggunakan kaca pembesar dan alat uji berlian untuk memastikan keasliannya.

Tak hanya menyediakan batu mulia, jika Anda memiliki perhiasan, emas, perak atau apa saja yang perlu dicuci, beberapa toko di sini menyediakan pelayanan untuk itu. Tak melulu soal batu mulia, di pasar souvenir ini kita bisa memperoleh kerajinan tangan suku Dayak, atau batik khas Kalimantan Timur seperti Ampiek dan Sasirangan.

Pasar suvenir Kebun Sayur tak hanya dikunjungi para wisatawan. Para pesohor kerap mengunjungi tempat ini, salah satunya Ibu Negara RI, Ani Yudhoyono.

Seperti pasar pada umumnya, pembeli diizinkan untuk menawar barang yang akan dibeli. Anda yang jago menawar bisa mencoba kemampuan ‘diplomasi’ dengan para penjualnya untuk mendapatkan harga terbaik.

Pasar Kebun Sayur berada di wilayah Balikpapan Barat. Lokasi ini mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Pasar Kebun Sayur buka setiap hari dari pukul 09.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita.

LEAVE A REPLY