Samboja Lestari

Samboja Lestari

613
0
SHARE

Samboja adalah sebuah desa kecil dengan jumlah penduduk 10 ribu orang. Terletak di pantai timur Balikpapan, berjarak 35 kilometer sebelah utara. Daerah ini berdiri sekitar seratus tahun lalu ketika minyak ditemukan dan pernah tertutup hutan yang rimbun. Namun kondisi itu berubah ketika bencana El Nino menerjang Kalimantan Timur pada tahun 1997-1998, yang menyebabkan kebakaran hebat.

Pada 2001, sebuah lembaga nirlaba bernama Borneo Orangutan Survival (BOS) menggarap kawasan yang tandus karena kebakaran hutan ini, menjadi sebuah proyek ambisius membawa hutan lokal kembali ke daerah ini.

Rehabilitasi adalah inti dari proyek Samboja Lestari dengan ratusan spesies asli ditanam. Pada pertengahan 2006, lebih dari 740 jenis pohon berbeda, ditanam. Belum termasuk koleksi khusus di arboretum.

Mereka menargetkan untuk menanam 1716 jenis pohon dan mengelola lebih banyak spesies dari tahun ke tahun. Keanekaragaman hayati yang jumlahnya tak tertandingi, bertambah dengan ratusan spesies hewan, termasuk sembilan spesies primata, yang mana delapan di antaranya muncul secara spontan.

Ini program wisata yang disiapkan untuk pengunjung:

Nursery Plant
Proses reboisasi dan semua kegiatan yang berhubungan dimulai di pembibitan. Kegiatan umum pembibitan meliputi pengumpulan buah, benih dan bibit dan seleksi, perawatan tanah untuk media, pengendalian hama dan penyakit, dan berbagai teknik untuk perbanyakan vegetatif. Seiring dengan kayu dan jenis pohon buah, BOS Samboja Lestari juga memiliki koleksi tanaman obat.

Tree Planting & Maintenance
Program Samboja Lestari berfokus pada jenis pohon buah-buahan dalam rangka mengembangkan cagar alam dalam waktu dekat, terutama untuk orangutan. Sebenarnya banyak pohon kita ditanam dari biji yang diambil dari kotoran orangutan, karena itu denga mengikuti program ini, Anda turut serta mendukung orangutan dan satwa liar lainnya. Daya dukung wilayah Samboja Lestari untuk satwa liar akan berkali-kali lebih besar dari hutan alam. Penanaman jenis pohon lainnya akan meningkatkan keanekaragaman hayati daerah dan juga kegiatan penelitian manfaat dan membantu masyarakat setempat.

Rehabilitasi
Rehabilitasi daerah dimulai dengan penanaman pohon, seperti pohon pionir, yang membantu mengurangi dan membunuh alang-alang serta mengurangi erosi tanah, meningkatkan infiltrasi air ke dalam tanah, memperlambat aliran air dari daerah sehingga mencegah banjir dan menjaga aliran tetap hidup pada musim kemarau. Kegiatan rehabilitasi meliputi pemeliharaan bidang seperti penyiangan, mencangkul, pemupukan, mulsa, menipis, pemangkasan, dll.

Arboretum
Sebuah area seluas 159 hektar, yang terletak di pusat Samboja Lestari, telah dialokasikan untuk pembentukan dan pengembangan arboretum, kebun pohon ilmiah besar dua kali ukuran dari Kebun Raya Bogor, di mana sekitar 5.000 jenis pohon asli dan sub-spesies Borneo ditanam. Beberapa pohon adalah tanaman langka yang satu-satunya ada di Samboja Lestari.

Program Reintroduksi Orangutan
Inilah salah satu program yang digemari turis. Kita bisa menyaksikan orangutan di pulau mereka. Ada sekolah hutan yang menjadi taman bermain pendidikan bagi orangutan belajar keterampilan hidup mandiri. Di sini mereka akan berkeliaran dengan bebas (tapi diawasi) dan dikembalikan ke kandang pada malam hari. Ada Klinik merek baru dan daerah karantina serta banyak kandang hutan baru untuk orangutan yang lebih besar dan kamar bayi.

Sun Bear Sanctuary
Selain orangutan, ada beruang madu yang bisa Anda saksikan di Samboja Lestari. Terdapat kandang dan taman bermain cukup luas bagi beruang-beruang itu. Kandang beruang mencakup area seluas 58 hektar. Hal ini dipagari oleh kabel listrik dan dibagi menjadi beberapa kompartemen untuk mengakomodasi beruang dari berbagai usia dan jenis kelamin.

Beruang madu di lokasi ini diambil dari seluruh Indonesia, disita dari perdagangan gelap, atau yang diserahkan secara sukarela.

Penelitian Hutan
Beberapa bagian dari Samboja Lestari dicadangkan sebagai daerah penelitian pohon. Topik penelitian meliputi: pertumbuhan dan perbandingan spesies yang berbeda pohon, hidrologi, meteorologi, fisiologi tanaman, spesies kesesuaian lahan, ruang pemantauan berbasis, dan lain-lain.

Samboja Lodge
Samboja Lestari mengakomodasi pengunjung yang ingin bermalam. Samboja Lodge adalah sarana yang disiapkan, utuk mereka yang ingin menikmati bulan madu tanpa gangguan, atau penjelajahan lebih lama. Akomodasi bernama Ecolodge berkapasitas 50 kamar dengan fasilitas kolam renang hingga makan pagi di restoran bernuansa Dayak.

Informasi Samboja Lodge
Samboja Lestari
Jl. Balikpapan-Handil, Km 44, Kelurahan Margomulyo, RT 01, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Nomor telepon: (0542) 7111484 atau 0811 537 630

LEAVE A REPLY