Home Info Kota & Ekonomi Ajang Show of Force Produk Kerajinan Kota

Ajang Show of Force Produk Kerajinan Kota

983
0

GALLERY DEKRANASDA SEKTOR DOME DIBUKA

DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Balikpapan bak gerai supermarket yang sedang ekspansif mengembangkan bisnisnya. Dalam konteks semangat mengenalkan produk kerajinan Kota Balikpapan, organisasi nirlaba di bawah kepemimpinan Anta Rizal Effendi ini sudah punya cabang keempat.

Galeri Dekranasda Balikpapan memiliki ruang di Gedung Smesco Jakarta, di Kantor Disperindagkop, di Bandara Sepinggan, dan yang terbaru di Dome (Balikpapan Sport and Convention Centre) dan resmi dibuka pada 16 Maret kemarin, bersamaan dengan pembukaan Balikpapan Fair 2016.

Dekranasda memang bertugas menyediakan fasilitas pendukung dalam pemberdayaan perajin lokal. juga menjadi wadah memperkenalkan produk-produk kerajinan asli daerah,” papar Arita Rizal. Galeri ini, tambah Arita, bisa menjadi alternatif kunjungan tamu yang mencari oleh-oleh selain sentra UKM dan pasar yang sudah ada.

Galeri Dekranasda di Dome memanfaatkan dua lantai di bagian kanan depan gedung utama. “Di lantai pertama untuk display produk kerajinan, di lantai 2 diperuntukkan sebagai ruang pertemuan maupun kegiatan pelatihan para perajin jika dibutuhkan,” timpal Kepala Disperindagkop Balikpapan, Doortje Marpaung.

Sama dengan Galeri Dekranasda lainnya, produk-produk unggulan kerajinan khas Balikpapan bisa dilihat di sini. Batik terbaik khas Balikpapan, kerajinan rotan, ukiran, manik-manik sampai produk olahan makanan, merepresentasikan keragaman karya pengrajin Balikpapan.

Bisa dikatakan, produk yang berhasil tembus dalam galeri ini adalah produk istimewa. Bukan soal harganya, melainkan proses seleksi yang dilakukan.

“Tentu seleksi itu untuk kebaikan bersama. Kami ingin produk yang ditawarkan adalah produk unggulan yang punya potensi dan produk itu menjadi duta Balikpapan untuk dipamerkan,” imbuh Doortje. [hfd/and]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 52 April 2016

Previous articleKepedulian Berangkat dari Iuran Rp 5000
Next articleWe Will See You, When We See You

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.