Home Info Kota & Ekonomi Filosofi Guci Antik dan Daya Tarik Hidroponik

Filosofi Guci Antik dan Daya Tarik Hidroponik

1664
0

PERTAMINA Refinery Unit V (RU V) mendorong mitra binaannya untuk menampilkan karyanya di Balikpapan Fair 2016 pada 16-20 Maret, di BSCC Dome. Adalah Mahdalena Artshop dan Komunitas Sobat Borneo.

Mahdalena Artshop adalah spesialis kerajinan barang antik, primitif, handicraft, permata, serta porselin. “Kami senang dilibatkan Pertamina dan rutin mengikuti pameran di beberapa daerah, di Kalimantan maupun di Jawa dan Jakarta” sebut Toha Idris dari Mahdalena.

la memamerkan berbagai macam keramik dan guci antik dan abad ke 8 hingga abad ke 17, juga berbagai produk khas Kalimantan yang beberapa memiliki nilai historis dengan Raja Dayak. Karena nilainya ekslusif, harganya juga lumayan. Dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta, bahkan ada yang Rp 35 juta.

Stand milik Pertamina juga diramaikan oleh Komunitas Sobat Borneo yang dalam perjalanan aktivitasnya concern dengan eco green dan sosialisasi berkaitan lingkungan. “Saat ini, kami sedang giat berkampanye soal hidroponik,” sambut Pembina Sobat Borneo, Dwi Fikter Elvitria dari Yayasan Sayap Sutra.

Dwi telah menghasilkan beragam inovasi makanan dari cimi-cimi, mendoan, kukis, puding, nuget sampai ice cream dan bahan sawi hidroponik. “Banyak inovasi dari hasil tanaman hidroponik dan hasilnya bernilai jual tinggi,” tambah Dwi. Bahkan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat pembukaan pameran sempat singgah dan menikmati hasil olahan hidroponik karya siswa anggota Sobat Borneo ini.

Selain itu, ada juga program komposting memanfaatkan limbah kantin sekolah dan juga pembuatan kerajinan dari bahan daur ulang. “Itu juga sedang kami gencarkan. Soal komposting sudah sosialisasikan kepada kantin sekolah dan tiga sekolah binaan Sobat Borneo. Dan soal kerajinan daur ulang, ini beberapa karya anggota Sobat Borneo,” tambah Dwi menunjukkan kerajinan yang dipamerkan. (*/hfd)

KONTAK MEDIA:
Keishkara HP
Jr Data &Media Publication Officer
Ph: 0542 514173
Email: keishkara.putri@pertamina.com

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 52 April 2016

Previous articleBudidaya Cabe Berbasis Organik dalam Polybag atau Pot
Next articleKepedulian Berangkat dari Iuran Rp 5000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.