Home Entertainment Hal Menakjubkan di Tubuh Manusia (1)

Hal Menakjubkan di Tubuh Manusia (1)

1543
0

DALAM tubuh kita, begitu banyak hal ajaib — dan tentunya harus disyukuri. Science and Technology Studies merilis beberapa hal menakjubkan pada tubuh manusia.

TETAP HIDUP WALAU KEHILANGAN BANYAK ORGAN DALAM
Walaupun kehilangan limpa, 1 ginjal, 1 paru-paru, 75% bagian hati, 80% bagian usus, dan organ lainnya di daerah pinggul atau
pangkal paha, manusia masih dapat hidup, meski fungsi-fungsi organ mungkin tidak bisa lagi berjalan maksimal.

RATUSAN JUTA SEL MATI SETIAP HARI
Setiap menit, tubuh kita sebenarnya “sekarat”. Setiap 60 detik berlalu, tubuh kita kehilangan 300.000.000 sel. Kenapa kita tidak mati? Karena jumlah sel yang lahir jauh lebih banyak daripada sel yang mati. Setiap hari, 10-50 triliun sel dalam tubuh berganti baru. Artinya, setiap hari, kita terlahir sebagai manusia baru.

RAMBUT, SI KECIL YANG SUPERKUAT
Rambut kita adalah salah 1 bagian tubuh yang sulit dihancurkan. Kerusakan rambut berjalan pada tingkat yang sangat lambat. Ini artinya, rambut dapat bertahan lebih lama daripada bagian tubuh lainnya.

Mumi yang telah dimakamkan ratusan atau ribuan tahun, banyak yang masih memiliki rambut di kepalanya. Perubahan iklim, kelembaban, suhu, atau zat kimia, tidak serta-merta dapat merusak rambut kita. Satu-satunya kelemahan utama rambut adalah: api.

KEKUATAN ASAM LAMBUNG
Perut juga jadi bagian terkuat dalam tubuh. Di dalam perut terdapat asam lambung yang begitu kuatnya, sehingga dapat melarutkan zat seng. Jika saja lapisan dalam perut tidak dapat memperbaharui dirinya dengan cepat, sudah lama perut kita akan bolong.

PARU-PARU, TULANG DAN KUKU
Paru-paru berisi pembuluh darah kecil yang disebut kapiler. Dalam paru-paru terdapat 300 juta kapiler, yang jika kita ambil semua kapiler tersebut, dan kita bentangkan dari ujung ke ujung, maka akan menghasilkan panjang lebih dari 2.400 km.

Lalu, tulang. Tahukah bahwa kekuatan tulang kita sebesar satu blok korek api, dapat menahan berat sampai 9 ton.

Sementara, kuku kita terus berkembang secara konstan. Kehilangan kuku tangan/kaki, membutuhkan setengah tahun agar tumbuh lagi dari pangkal ke ujung kuku.

TUBUH YANG TUMBUH SETIAP MALAM
Tubuh kita tumbuh sedikit setiap malam. Diperkirakan, tubuh tumbuh sekitar sepertiga inci saat tertidur karena cakram tulang rawan tertekan oleh gravitasi ketika duduk atau berdiri. Namun, ketika mulai bangun dan berjalan, tinggi badan kembali menyusut ke tinggi semula.

GINJAL, FILTER ALAMI
Ginjal berfungsi membersihkan racun dalam tubuh. Tahukah kapasitas filter ginjal bisa mengandung 1 juta filter. Ini berarti di dalam tubuh mengandung 2 juta filter, yang menyaring 1,3 liter darah per menit dan mengeluarkan urin 1,4 liter per hari.

Tanpa fungsi filter ini, racun akan menumpuk dalam tubuh dan kita akan sering sakit dan bisa mati. Itulah kenapa orang yang
mengalami gagal ginjal, perlu melakukan pencucian darah rutin.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 52 April 2016

Previous articleDestinasi Honeymoon Favorit
Next articleHari yang Tepat Untuk “Menghijaukan” Diri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.