Kepedulian Berangkat dari Iuran Rp 5000

Kepedulian Berangkat dari Iuran Rp 5000

444
0
SHARE

BALIKPAPAN GREEN MOVEMENT

DIMULAI pada akhir 2013, komunitas anak-anak muda ini masih eksis hingga sekarang. Memfokuskan pada kegiatan sosial berorientasi lingkungan, anggotanya terus tumbuh dan bertahan. Dari hanya segelintir orang, kini berjumlah 80 an.

Balikpapan Green Movement (BGM) lahir dari kegelisahan sejumlah anak muda Kota Beriman untuk ikut memberi sumbangsih pada kotanya. Mereka eksis di dunia maya, tapi juga hadir ditengah-tengah kita.

Adalah Andre, inisiator BGM yang kerap mendoktrin teman-temannya dengan ungkapan “Bumi Kita Butuh Aksi Nyata, Bukan Hanya Kata-kata” — dan akhirnya menjadi slogan pergerakan ini.

Bersih-bersih pantai, membagikan bibit cabai, menanam pohon, adalah beberapa aktivitas yang sudah dilakukan komunitas yang diawaki anak sekolah dan mahasiswa ini.

“Kalau dihitung-hitung, lumayan banyak juga pantai yang kami bersihkan,” canda Andre. Yang paling menantang dan berkesan adalah aksi bersih-bersih di salah satu pantai di tepian Jl Sudirman. Pantai itu, ceritanya, sempat dijuluki Pantai Sampah karena kotornya. “Tapi setelah kami turun, akhirnya bersih juga. Rasanya puas dan lega,” ungkap Andre sambil menunjukkan dokumentasi foto pantai sebelum dan sesudah dibersihkan.

Dua tahun berjalan bisa saja muncul kejenuhan jika kegiatan yang dilakukan monoton hanya itu-itu saja. Maka, ide-ide baru dimunculkan. Selain ada upaya iuran bagi anggota yang ditetapkan Rp 5.000 untuk aktivitas organisasi, beberapa program lain dilakukan dengan sentuhan inovasi seperti menggandeng sejumlah instansi untuk menjadi volunteer dan partner dalam upaya sosialisasi lingkungan.

“luran itu kami coba rutinkan perminggu. Jika terkumpul, baru kami rumuskan untuk apa. Baru-baru ini kami membagikan 8.000 bibit produktif kepada masyarakat. Kami juga membagi masker ketika terjadi bencana asap,” tutur Andre.

“Pokoknya, sepanjang kami mampu, kami ingin ambil bagian ikut menjaga lingkungan dan jangka panjangnya mempertahankan Adipura Balikpapan,” tandasnya. [hfd]

BALIKPAPAN GREEN MOVEMENT’S CONTACT:
CP : 0857 5321 8455
Instagram : @lDGreenMovement
Twitter : @lDGreenMovement
Facebook : Indonesia Green Movement
Email : balikpapangreen.movement@gmail.com

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 52 April 2016

LEAVE A REPLY