Tarik Wisatawan dengan Balikpapan Borneo Travel Mart

Tarik Wisatawan dengan Balikpapan Borneo Travel Mart

460
0
SHARE

Event yang bertujuan untuk mendorong pariwisata di Kalimantan Timur dan Utara ini resmi dibuka pada Rabu (20/4) malam. Balikpapan Borneo Travel Mart (B2MT) digelar mulai 20 – 23 April 2016, di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan.

Peresmian diawali dengan jamuan makan malam bersama Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisal dan turut dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Malam itu diiringi dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara pihak PT. Angkasa Pura I dengan Pemerintah Kota Balikpapan. MoU tersebut adalah simbol bahwa PT Angkasa Pura I dengan Pemkot Balikpapan serius untuk mengembangkan pariwisata di Balikpapan dan Kaltim.

Total ada sekira 175 buyers dan 75 sellers yang mengikuti event ini. Buyers tersebut berasal dari mancanegara dan nasional. “Untuk buyers dari luar negeri, kami berhasil mendatangkan dari Australia, Malaysia, India dan Tiongkok. Sementara nasional, berasal dari beberapa kota besar di Indonesia,” papar Soegianto, Ketua B2TM.

Untuk sellers sendiri terdiri dari hotel, bank dan agen perjalanan wisata yang tidak hanya berasal dari Balikpapan, ada juga yang berasal dari Samarinda, Bontang, sampai Bali. “Kami juga mengimbau, para sellers yang berpartisipasi dapat memanfaatkan momen ini dengan maksimal. Sehingga tentu kerjasama dapat terjadi,” tuturnya.

Di ruangan terpisah, terdapat juga beberapa stand dari UMKM Balikpapan. Mereka menjajakan produk andalan, seperti kuliner dan souvenir, dan kesemuanya merupakan khas Balikpapan. Kulinernya sendiri beragam, mulai dari seafood, cemilan olahan laut, sampai cake salak. Tentunya, souvenirnya pun demikian. Mulai dari kaos, batik khas Balikpapan, sampai batu mulia tersusun rapi di atas stand.

“Kami berharap, dengan rutinnya digelar event ini mampu mendongkrak jumlah kunjungan pariwisata di Kaltimra serta mendorong pembangunan infrastruktur,” pungkas Soegianto. [hfd]

LEAVE A REPLY