Batik Arnesta

Batik Arnesta

673
0
SHARE

Arnesta lahir dari pengamatan dan perenungan Rones Triyono. Pria yang lahir di Kampung Batik Trusmi Cirebon Jawa Barat itu menggantungkan cita-cita pada nama yang dipilihnya. Arnesta berasal dari nama kedua anak Rones Triyono. Nama itu dipilihnya sebagai upaya mengayomi, memelihara dan mengembangkan batik, layaknya membesarkan sang anak.

Sebagai orang yang lahir ’dari tumpukan kain batik’, bakat membuat pola sudah ada sejak Rones duduk di bangku sekolah dasar. Menjadi juara sebagai desain dan batik tingkat SD, dan menjual hasil karyanya pada para perajin. Jiwa seni dan bisnis sudah dipupuk sejak kecil, mengantar kesuksesan Rones saat ini.

Batik Arnesta diciptakan ketika peraih penghargaan Sidakarya ini hijrah ke Balikpapan awal tahun 2001. Pertama kali menginjakkan kaki di Borneo, ia kagum dengan arsitektur bandara yang dipenuhi ornamen ukir Dayak. Saat itulah terlintas keinginan menciptakan motif batik Balikpapan.

Berbekal kamera dan sebuah aplikasi desain, jadilah motif kombinasi ala Rones. Hasil motif itu selanjutnya dibuat cetakan dan diproduksi di cirebon. Tak butuh waktu lama, kain motif pertama selesai lalu dijual di kebun sayur.

Keberhasilan membuat batik khas Balikpapan rupanya dimanfaatkan industri batik di Jawa untuk menggunakan motif karya Rones dan menjualnya. Sebanyak 15 desain Rones dijiplak dan mendapat sambutan pasar.

Melihat desainnya laris, Rones lantas mengenalkan produksinya dengan nama batik Arnesta. Jalur yang dipilih Arnesta untuk dikenal berbeda dengan pendahulunya. Ia terjun di batik printing sebelum memulai dengan batik tulis.

Bukannya tak tertarik, namun karena baru memulai usaha, ia harus menjual dan mengenalkan motif baru sebanyak-banyaknya. Dengan batik printing, dalam satu hari bisa mencetak puluhan meter kain. Sedangkan untuk batik tulis, untuk menyelesaikan satu kain memakan waktu 7 hari.

Keinginan membuat batik tulis menguat setelah mengikuti lomba motif batik yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Balikpapan. Arnesta langsung meraih juara.

Inspirasi Desain

Kalimantan Timur menyediakan berbagai macam inspirasi bagi motif batik. Dari alamnya, budaya, seni maupun masyarakat. Bagi para perajin, termasuk Rones Triyono, mencari inspirasi untuk mengembangkan motif batik ‘tinggal buka mata dan telinga’.

Motif Arnesta lahir dari perkawinan adopsi, modifikasi dan pengembangan. Rones mendapatkan inspirasi desain dari kesenangannya memperhatikan alam sekitar, baik saat memancing, ataupun saat jalan bersama keluarga.

Motif Arnesta

Batik Arnesta mengambil dua tema besar Balikpapan, yakni laut dan darat. Motif yang diciptakan terinsiprasi dari pakis Balikpapan, tanduk rusa, buah naga, kapal, gelombang, pesona bawah laut. Pola ini dipadukan dengan unsur Dayak untuk memperkuat unsur Kalimantan-nya.

Beberapa motif Arnesta yang sudah cukup dikenal antara lain Pesona Balikpapan yang menonjolkan kekayaan flora.

Selanjutnya ada motif Pesona Terumbu Karang yang menggambarkan kekayaan bawah laut. Rumput laut, udang, ikan dan terumbu karang berpadu dengan warnawarni cerah membuat motif ini banyak diburu kolektor sebelum dipasarkan.

Pola berikutnya ada untaian pakis yang menonjolkan pohon dan buah pakis Kalimantan. Keunikan lain dari Arnesta adalah pola gelombang, jangkar dan tanduk rusa yang melengkapi desain motif mereka.

Arnesta terus mengembangkan batik tulis, lantaran memiliki penggemar dan pelanggan tetap. Visinya mengenalkan motif daerah dan menjaga kelestarian budaya membatik di tanah air diwujudkan melalui batik tulis ini.

Untuk mewujudkan visi besarnya, Arnesta membuka pelatihan membatik tanpa biaya. Rones tak segan turun sendiri mengajari masyarakat yang berminat membatik. Untuk memasarkan motif Balikpapan, Arnesta saat ini juga membuka kesempatan menjalin mitra dengan membuka kesempatan waralaba.

PENGHARGAAN
• Produktivitas Shidakarya UKM 2010 Provinsi Kaltim
• Juara 2 Lomba Desain Batik 2012
• Juara 3 Lomba Desain Batik 2013
• Batif for Future Life Award 2014 as East Kalimantan Pioneer of Batik Heritage Gubernur Kaltim
• Penghargaan Anugerah Wira Usaha Muda Indonesia 2015, Jakarta

ARNESTA BATIK
Jl. Mulawarman I No. 19 RT 29
(Samping Lapangan AURI) Sepinggan Raya, Balikpapan
Kontak : 082152808080, SMS 0853 5353 9090,
pin BB 21093766

Source : Buku Ragam Batik Balikpapan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Balikpapan

LEAVE A REPLY