Home Lifestyle Mengapa Kita Perlu Tidur Siang 20-30 Menit

Mengapa Kita Perlu Tidur Siang 20-30 Menit

829
0

Anda mungkin pernah super mengantuk saat bekerja di kantor. Apa yang Anda lakukan? Bisa jadi ada tujuh hal seperti yang dilansir Kompas ini, di antaranya minum kopi, mendengarkan musik, bergerak atau keluar dari ruang kerja.

Bagaimana bila kantuk tetap datang? Anda mungkin memang butuh tidur siang. Tentu saja tidur yang singkat. Dalam sebuah tulisan di Elite Daily, tidur singkat 20-30 menit sudah cukup untuk menghilangkan kantuk.

Sleepfoundation.org melansir, tidur siang singkat memiliki manfaat berikut:

Membuat kita lebih teliti dan cermat, meningkatkan performa kerja, mengurangi kesalahan dan kecelakaan. Sebuah studi di NASA menyebutkan para astronot dan pilot militer yang tidur siang secara signifikan meningkatkan kewaspadaan 100% dan performa mereka sebanyak 34%.

Tidur siang juga memiliki manfaat psikologi; seperti liburan mini yang menimbulkan rasa senang; tidur siang juga membuat kita rileks dan bisa memulihkan tubuh yang lelah.

Dr. Sara C. Mednick, penulis “Take a Nap! Change Your Life” menjelaskan tidur siang membuat otak dan pikiran kita lebih segar. Kita juga bisa lebih kreatif. Menurut Sara, tidur siang mengembalikan sensitivitas terhadap pendengaran, rasa dan cahaya.

Scientific American menyebutkan tidur membuat suasana hati lebih baik, termasuk daya ingat dan reaksi kita terhadap waktu. Tidur membuat kita menjadi fit.

Bila Anda ingin tidur siang, jangan lebih dari dua jam dan lewat dari jam 16.00 kecuali Anda ingin begadang. Tidur singkat pada sore hari bisa merusak jadwal tidur malam, akibatnya Anda malah kurang tidur.

Apakah tidur siang singkat lebih baik dari secangkir kopi? Menurut artikel di situs kesehatan, WebMD jelas iya. Sebab kafein malah menurunkan performa memori Anda. Sehingga Anda bisa membuat kesalahan.

Masih tidak percaya? Atau mungkin Anda merasa bersalah bila tidur siang singkat. Tak perlu ragu, beberapa orang sukses melakukannya. Sebut saja, Thomas Edison, George W. Bush, John F. Kennedy, Albert Einstein, dilansir Fast Company.

Tidur siang singkat jelas membuat Anda lebih fokus, mengembalikan energi, mempertajam otak dan membuat Anda tetap waras.

Source : Beritagar.id

Previous articleInstagram Jadi Tambang Uang Facebook
Next articleApa yang Dilakukan Orang Indonesia di Facebook dan Instagram?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.