Profil & Galeri Kegiatan Dekranasda

Profil & Galeri Kegiatan Dekranasda

750
0
SHARE
CAMERA

Sekilas Dekranasda

Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

Sesuai amanat Munas DEKRANAS tanggal 18 April 2005, adalah berdasarkan Surat Keputusan Bersama 6 Menteri, yaitu: Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Menteri Negara Koperasi dan UKM, serta Menteri Negara BUMN, dan mengalami perubahan yang ditetapkan pada tanggal 27 April 2005 Untuk Ketua DEKRANAS Kabupaten/Kota adalah Isteri Bupati/Walikota.

Tujuan Dekranasda

– Menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkokoh jati diri budaya bangsa.

– Menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari hari warga negara Indonesia yang bisa meningkatkan martabat manusia.

– Memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan perajin dan peminat dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka.

– Membantu pemerintah merumuskan kebijaksanaan di bidang industri kerajinan dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia.

– Memperluas pangsa pasar hasil kerajinan.

SK Dekranasda

Berdasar SK Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Timur no.17/ DEKRANASDA/SK/VI/2011 tanggal 23 Juni 2011, Ketua beserta segenap pengurus Dekranasda Kota Balikpapan berupaya menggali, mengembangkan, melestarikan dan mempromosikan budaya khas Kota Balikpapan melalui kerajinan Batik dan Bordir, dimana juga merupakan sebagai salah satu upaya peningkatan pendapatan keluarga untuk mencapai keluarga sejahtera melalui industri rumah tangga.


SUKSES & BERKESAN: Meriahnya gelaran lomba Batik Khas Balikpapan sebagai bentuk dukungan nyata Dekranasda dan Disperindagkop Kota Balikpapan. Para model tampak cantik dan anggun dengan balutan batik Balikpapan.


WARNAI PENGHARGAAN : Sebagai bentuk dukungan nyata, Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengenakan batik khas Balikpapan di
pentas nasional saat menerima Adipura Kencana dari Wakil Presiden, November 2015.


PENDAMPINGAN : Untuk mendorong pelaku industri kreatif, Dekranasda dan Disperindagkop menggelar festival kerajinan dan cinderamata di e-walk, September 2015.


BERI APRESIASI: Selalu ada yang terbaik dari setiap karya. Dekranasda dan Disperindagkop Kota Balikpapan senantiasa ambil bagian untuk ikut mengapresiasi para pemenang.


KERAJINAN KHAS BALIKPAPAN : Sebagian karya kerajinan binaan Dekranasda yang ditampilkan dalam Festival Kerajinan dan Cinderamata di e-Walk. Ukiran kayu, batik kayu, gantungan kunci batok kelapa, cinderamata dari limbah madu, kerajinan dari kertas dan aneka motif lampu.


PAMERAN INVESDA EXPO : Salah satu kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan promosi adalah dengan mengikuti pameran. Seperti pada Pameran Invesda Expo di Jogja Expo Center (JEC) Jogjakarta. Dekranasda Kota Balikpapan turut berpartisipasi dalam mempromosikan produk-produk kerajinan lokal Balikpapan. Aneka produk kerajinan khas Balikpapan, seperti : kerajinan manik-manik, kerajinan kayu ulin, batik khas Balikpapan, kerajinan batu mulia, serta kerajinan tempurung kelapa.


PROMOSI PRODUK LOKAL : Tak ingin melepas peluang, Dekranasda Kota Balikpapan bekerjasama dengan Dinas Perindagkop mengajak IKM-IKM Kota Balikpapan untuk mengikuti ajang pameran tahunan yang bertajuk Invesda Expo, di Jogja Expo Center. Booth Balikpapan menampilkan ragam produk kerajinan IKM Balikpapan, seperti handycraft kayu ulin, handycraft rotan, kerajinan manik-manik, aksesoris batu-batuan, batik Kaltim, produk garmen, serta handycraft tekstil.

Keanekaragaman produk IKM Balikpapan yang dipamerkan pada Invesda Expo 2012 untuk memberikan pesan di lingkup nasional, bahwa Balikpapan tidak hanya terpaku pada 1 produk unggulan semata.


PELATIHAN BATIK DI LAWEYAN SOLO : Sektor pembinaan SDM pelaku usaha Batik Balikpapan menjadi fokus utama Dekranasda Kota Balikpapan dalam mengembangkan bidang kerajinan di Balikpapan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Pelatihan Batik Tingkat Dasar Bagi IKM Batik Balikpapan. Pelatihan dilaksanakan di Kampung Batik Laweyan, Surakarta.


PELATIHAN BORDIR DI TULUNGAGUNG : Selain batik, jenis kerajinan yang juga ingin dikembangkan adalah bordir. Melaui penciptaan motif bordir yang khas dan unik dapat dijadikan cinderamata dan kekhasan Balikpapan. Untuk menumbuhkembangkan kerajinan bordir tersebut, Dekranasda Kota Balikpapan melaksanakan Pelatihan Bordir Tingkat Dasar bagi IKM Balikpapan. Bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.


LOMBA DESAIN ADI BUSANA : Sebagai wahana untuk menggugah daya kreasi para seniman batik di Balikpapan dan penciptaan motif batik khas Balikpapan, Dekranasda Kota Balikpapan, Dinas Perindagkop dan Disporabudpar menyelenggarakan Lomba Desain Adi Busana. Kegiatan sekaligus memeriahkan HUT Kota Balikpapan Ke-115 ini berlangsung di Atrium E-Walk Balikpapan Super Block.


PAMERAN INACRAFT 2014 DI JAKARTA : Salah satu pameran yang diikuti dan dijadikan ajang promosi produk unggulan IKM Balikpapan adalah pameran Inacraft 2014. Diselenggarakan pada tanggal 23-27 April 2014 di Jakarta Convention Center, Jakarta, booth Kota Balikpapan menampilkan aneka kerajinan khas Kota Balikpapan seperti : kerajinan tempurung kelapa, kerajinan dari kayu limbah, kain batik Kaltim, kerajinan manik-manik, serta perhiasan dan asesoris dari batu. Selain sebagai media promosi, melalui Inacraft dapat dijadikan wahana pembelajaran bagi IKM kerajinan Balikpapan dalam menciptakan produk yang kreatif dan unik serta memiliki kekhasan tersendiri.

Motif Desain Batik Juara Lomba 2012


Juara Favorit
(Batik Motif Bunga Karamunting)
Kombinasi Desain : Karamunting, Gelombang Laut, Biota Laut.


Juara 3
(Batik Motif Jajaran Buah Mangrove)
Kombinasi Desain : Buah Mangrove, Daun Pakis.

Motif Desain Batik Juara Lomba 2013


Juara Favorit
(Batik Motif Keanekaragaman Balikpapan)
Kombinasi Desain : Pulau Kalimantan, Pohon Bakau, Kilang Pertamina dan Obor, Hutan Sungai Wain, Awan.


Juara 3
(Batik Motif Berlayar Menuju Keemasan)
Kombinasi Desain : Riak Gelombang dan Perahu, Beruang Madu, Tumbuhan Pakis, Akar Pakis, Bunga Karamunting.

Motif Desain Batik Juara Lomba 2014


Juara 3
(Batik Motif Tirtamaya III)


Juara Harapan 2
(Batik Motif Pesona Alam Balikpapan)
Kombinasi Desain : Pakis, Bunga Karamunting, Beruang Madu, Akar Mangrove.


Juara Harapan 3
(Batik Motif Sepinggan)


Juara Harapan 1
(Batik Motif Pesona Bawah Laut)
Kombinasi Desain : Akar Pakis, Kepiting, Ikan, Rumput Laut, Kuda Laut, Kalung Asok.

Source : Buku Ragam Batik Balikpapan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Balikpapan

LEAVE A REPLY