Rumah Kreatif Balikpapan

Rumah Kreatif Balikpapan

590
0
SHARE

Juni 2011. Chevron Indonesia menyerahkan bantuan alat bantu gerak kepada penyandang disabilitas. Melalui pemberian kursi roda dan kaki palsu, warga Balikpapan yang kurang beruntung ini bisa mandiri. Paling tidak, untuk aktivitas sehari-hari.

Pemberian bantuan ini dihadiri Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Balikpapan, Arita Rizal Effendi. Melihat antusiasme para penerima, Arita mengajak Chevron untuk meningkatkan bantuan.

Keterbatasan yang dimiliki para penyandang disabilitas sesungguhnya tidak mengurangi keinginan mereka untuk mandiri dalam ekonomi. Mereka mampu bekerja dan berpenghasilan. Atas tantangan ini, Chevron membuat pusat pengembangan ekonomi kreatif.

Enam bulan kemudian, Chevron memfasilitasi pelatihan membatik selama dua pekan. Mereka juga menyiapkan pendampingan, instruktur serta fasilitas. Program ini diketuai Etty Nuzuliyanti. Tingginya minat peserta mendorong perusahaan minyak asal Amerika itu mengontrak sebuah rumah sebagai workshop sekaligus galeri.

Dari sinilah RKB menghasilkan karya tenun dan batik tulis bermutu tinggi. Perlahan namun pasti, para penyandang difabel mendapatkan penghasilan serta kepercayaan diri. Hingga saat ini, semua jenis kerajinan tangan dihasilkan dari tangan-tangan terampil para perajin.

Produk sampingnya mulai tenun Ulap Doyo, daur ulang plastik dan kertas hingga asesori. Ada tas dari daur ulang plastik, box dan pigura dari daur ulang kertas, boneka hingga sepatu. Semua limbah non organik dikerjakan di RKB.

Ciri Khas

Salah satu yang digemari adalah Jejeran Buah Mangrove. Pola buah bakau dikombinasikan dengan ukir Dayak menghasilkan harmoni. Motif ini juga memiliki filosofi masyarakat Balikpapan yang heterogen. Mangrove atau bakau menggambarkan masyarakat pesisir, pohon karamunting melambangkan kota dan sulur melambangkan suku Dayak.

Motif lainnya adalah beruang, penyu dan kilang minyak sebagai ikon kota ini. Selain itu buah-buahan seperti buah pisang, papaya mini dan buah naga juga masuk dalam komposisi desain. Pada 2012, RKB meraih juara 3 lomba motif khas Balikpapan.

Beberapa motif yang telah dihasilkan RKB antara lain; Layar Daun Ulin, Taburan Daun Ulin , Pasak Bumi Besar, Pasak Bumi Kecil, Lengkung Tameng Borneo, Lilis Kantong Semar, Masih Ada Harapan, Taburan Anggrek Hitam Borneo, dan Kuntum Anggrek Hitam.

Ciri lainnya adalah pewarnaan alami. RKB merupakan satu-satunya perajin yang konsisten dengan bahan alami. Warna merah dan cokelat menggunakan kayu tinggi, warna kuning diambil dari kayu tegeran. Tegeran jika dicampurkan dengan tunjung akan menghasilkan warna hijau. Kayu oar menghasilkan warna abu-abu, cokelat tua dan hitam.

RUMAH KREATIF BALIKPAPAN
Jl. Wiluyo Puspoyudho Balikpapan
08125429180 / 081350628732

Source : Buku Ragam Batik Balikpapan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Balikpapan

LEAVE A REPLY