Home News Kemenpar Rangkul Pemda & Swasta, Sinergikan Pariwisata Indonesia

Kemenpar Rangkul Pemda & Swasta, Sinergikan Pariwisata Indonesia

604
0

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-2. Pemda dan pihak swasta dirangkul untuk mensinergikan target kunjungan turis asing dan wisatawan lokal di tahun 2016 sampai 2019.

Rakornas ini berlangsung 2 hari, dari hari Kamis (28/4/2016) sampai Jumat (29/4) di JCC Senayan, Jakarta. Menteri Pariwisata Arief Yahya, menjadi keynote speech sekaligus menandatangani MoU dengan beberapa stakeholder pariwisata.

“Membangun sinergisitas yang baik dengan semua stakeholder pariwisata ini menjadi kunci dalam mewujudkan target 2016 hingga 2019 mendatang,” ujarnya.

Target Kemenpar di tahun 2016 adalah jumlah kunjungan turis mancanegara mencapai angka 12 juta orang. Sedangkan perjalanan wisata dari wistawan domestik di dalam negeri sebanyak 260 juta orang.

“Kontribusi pariwisata terhadap PDB Nasional sebesar 5 persen. Lalu jumlah lapangan kerja yang diciptakan dari pariwisata sebanyak 11,7 juta tenaga kerja,” terang Arief.

Lebih jauh ke depan, Arief menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah menetapkan pariwisata sebagai sektor andalan. Harus didukung oleh sektor lain terutama dari sektor infrastruktur dan transportasi demi tercapainya target di 2019 nanti.

Di tahun 2019, targetnya yakni jumlah kunjungan turis sebanyak 20 juta dan pergerakan wisatawan domestik di dalam negeri sebanyak 275 juta.

Beberapa MoU pun ditandatangani antara Kemenpar dengan stakeholder-stakeholder seperti dengan Singapore Airlines, Garuda Indonesia, Kementerian PUPERA, dan dengan sekolah-sekolah tinggi pariwisata.

“Kita harus cepat. Negara kita iya indah, tapi kalah cepat dari negara lain,” pungkas Menpar Arief Yahya. (aff/fay)

Source : Detik Travel

Previous articleFaktor Stres Para Atasan di Tempat Kerja
Next articleIni Daftar Kebiasaan Buruk Pengguna Internet Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.