Home Technology and Tips Tip Agar Nasi di Rice Cooker Tidak Lekas Basi

Tip Agar Nasi di Rice Cooker Tidak Lekas Basi

875
0

Seringkali ketika menanak nasi dengan rice cooker nasi putih cepat rusak atau basi, entah itu berair, berubah warna menjadi kekuningan, dan berbau tidak sedap. Padahal kualitas beras dan penanak nasi elektronik yang dimiliki bagus. Berikut kiat agar nasi tidak cepat rusak:

– Jaga kebersihan penanak nasi listrik
Penanak nasi yang kotor akan mengundang bakteri penyebab nasi basi. Cuci pot setiap kali nasi habis atau setiap kali hendak menanak. Lepaskan bagian karet yang terdapat pada tutup dan katup uap rice cooker, cuci bersih secara berkala, minimal satu minggu sekali atau setiap kali terlihat kotor.

Bersihkan pula bagian tepian dalam atas rice cooker dari sisa remah-remah nasi atau debu. Tentu bagian ini tidak dapat dicuci dengan air dan sabun. Cukup gunakan lap atau tisu basah, lalu keringkan. Tidak lupa, bersihkan secara rutin bagian permukaan luar rice cooker.

– Pastikan bagian pot tidak tergores
Terutama jika lapisan pot rice cooker tidak terbuat dari pelapis keramik yang relatif lebih tahan dari goresan. Goresan pada lapisan antilengket -setipis dan sekecil apapun, akan memberi peluang bakteri hidup di sana dan merusak nasi.

– Jangan meninggalkan sendok nasi di dalam rice cooker
Anda tidak pernah tahu pasti apakah tangan dalam keadaan bersih atau tidak, bukan? Pilihan terbaik, Anda bisa meletakkan sendok nasi di luar, tapi dalam wadah tertutup.

Source : Tempo.co

Previous articleMenelusuri Lokasi Syuting AADC 2
Next articleTurunkan Tingkat Depresi Saat Sakit dengan Musik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.