Pantai Segara Sari Manggar

Pantai Segara Sari Manggar

608
0
SHARE

Pantai selalu menjadi tempat favorit dalam agenda liburan keluarga. Berenang, bermain bersama di hamparan pasir, ataupun sekadar memandang ombak sambil menyemai semilir angin yang bertiup. Batas laut dan daratan itu senantiasa menghadirkan keceriaan. Sejauh laut lepas, seluas itulah kegembiraan yang hadir setiap kali mengunjungi pantai.

Indonesia beruntung karena dianugerahi garis pantai terpanjang di dunia. Pantai-pantai di setiap daerah juga memiliki keunikan tersendiri, termasuk Segara Sari. Pantai yang terletak di Kelurahan Manggar Kecamatan Balikpapan Timur ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit yang melegenda bagi masyarakat di Kalimantan Timur. Karena berada di Kelurahan Manggar,Segara Sari lebih dikenal dengan sebutan Pantai Manggar.

Pantai Manggar menyajikan hamparan pasir putih seluas 13.000 meter persegi. Menjadi lokasi kegemaran para olahragawan. Anda bisa bermain bola, rumah pasir, atau jogging menyisir wilayah ini. Setiap akhir pekan dan hari libur nasional, Manggar selalu menjadi pilihan utama menghabiskan waktu.

Tak perlu heran jika langit Pantai Manggar berwarna-warni pada musim liburan. Para penggila layang-layang tengah berlomba memamerkan karya terbaiknya. Berbagai bentuk, ukuran dan warna layang-layang menciptakan keasyikan tersendiri. Mereka memanfaatkan angin yang berhembus tanpa henti. Di sisi lain, rerimbunan pohon Cemara yang berbaris rapi di tepi pantai melindungi pecinta layang-layang dari sengatan matahari langsung.

Ruang yang luas menjadikan pantai ini lokasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan rekreatif, konser musik, pertunjukan budaya hingga eksebishi olahraga air. Dalam beberapa tahun terakhir, pantai ini selalu menjadi wahana berlangsungnya even “Pesta Laut” yang semarak.

Jika berkunjung ke Pantai Manggar, Jangan lupa membawa busana cadangan. Kami tak menjamin Anda bisa menolak rayuan ombak yang datang membelai kaki. Pantai Manggar bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 Wita dengan biaya masuk sangat murah.

TRANSPORTASI

Hanya berjarak 9 Kilometer ke arah timur Bandara Sepinggan atau 22 Kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Pantai Manggar dapat dicapai dengan berbagai jenis kendaran pribadi, dan angkutan umum. Jika berangkat dari pusat kota, Anda harus mencari angkutan kota nomor 7 dari Terminal Damai. Sebuah sign raksasa terpampang di depan akses utama Pantai Manggar. Tak perlu khawatir lantaran jalur ini sudah beraspal. Pintu masuk ke lokasi pantai berada di depan Batalyon Raider 600, sebuah komplek militer Kodam VI Mulawarman.

FASILITAS

Berbeda dengan pantai lainnya, ombak di Manggar sedikit lebih besar. Kondisi ini cocok bagi penggemar olahraga air. Para penjaga pantai biasanya telah menyiapkan parameter agar tidak membahayakan pengunjung yang berenang. Keberadaan penjaga inilah yang juga membedakan Manggar dengan pantai-pantai lain di Balikpapan.

Anda dapat menumpang banana boat dengan membayar Rp25 ribu, atau kapal dengan kapasitas 8 orang cukup membayar Rp10 ribu. Pelampung dengan berbagai bentuk juga tersedia dengan harga sewa mulai Rp 15 ribu. Motoris akan membawa Anda mengelilingi pantai dengan pengamanan berlapis.

Bagi pengunjung yang lebih senang menikmati semilir angin sambil menatap pemandangan pantai, deretan pedagang kaki lima telah menyiapkan bangku dan tikar, lengkap dengan menu makanan. Sambil bersantai di bawah pohon Cemara, kita bisa menyantap kuliner yang disajikan dengan harga mulai Rp10 ribu. Harga ini, sama dengan tikar yang Anda sewa.

Deretan pujasera mudah dijumpai. Hanya beberapa meter dari tempat Anda bersantai, aneka seafood disajikan dengan beragam olahan. Bagi penggemar kuliner, mengunjungi Pantai Manggar adalah kegembiraan berlipat; makan dan menikmati pantai. Para koki menyediakan hidangan dari ikan segar yang ditangkap para nelayan Manggar.

SUVENIR

Apa yang wajib dibawa ketika pulang dari Pantai Manggar? Selain cerita, rasanya tak lengkap tanpa oleh-oleh. Tak jauh dari pelataran parkir kendaraan, kios-kios berderet menawarkan suvenir beranekaragam. Mulai kaos oblong, batik, perhiasan, hingga aksesoris. Topi sulam Dayak hingga berbagai kerajinan tradisional. Barang-barang menarik ini dilabeli dengan harga cukup terjangkau.

LEAVE A REPLY