Home Lifestyle Manusia Hanya Bisa Miliki 5 Teman Dekat dalam Satu Waktu

Manusia Hanya Bisa Miliki 5 Teman Dekat dalam Satu Waktu

779
0

Menurut penelitian terbaru, kita dapat benar-benar bermain ketika bersama dengan teman terbaik. Kemampuan kita terhadap simultan persahabatan ternyata terbatas hanya pada sekitar lima orang.

Sebuah analisis baru-baru dari catatan ponsel dapat menguatkan teori antropologi lama bahwa otak kita dapat membatasi jumlah orang yang dapat memainkan peran berarti dalam hidup kita, seperti yang dilaporkan oleh Review Teknologi Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Pada tahun 90-an, antropolog Inggris dan peneliti Robin Dunbar mengamati suatu korelasi antara ukuran otak dan hubungan sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar otak hewan, semakin besar kelompok sosial yang dimiliki. Dunbar mengembangkan formula untuk mencari tahu angka perkiraan berdasarkan ukuran otak.

Dia kemudian menerapkan temuannya pada ukuran otak manusia, dan menentukan bahwa kita hanya memiliki jumlah terbatas orang dalam lingkup sosial (150 tepatnya). Hal ini dikarenakan ukuran otak.

Dunbar lanjut mempelajari konsep ini dengan melihat ke kedalaman emosional hubungan mereka. Masing-masing dari 150 orang dalam jaringan sosial memiliki lapisan berdasarkan tingkat kedekatan yang kita rasa terhadap orang itu.

Lapisan emosional terdekat, orang yang kita anggap paling berharga dan terhubung. Berisi sekitar lima orang, menurut Dunbar.

Lapisan kedua dari kedekatan termasuk tambahan 10 orang. Lapisan ketiga termasuk sekitar 35 orang di atas 15 orang sebelumnya. Sedangkan lapisan akhir termasuk 100 orang dengan total 150.

Para ilmuwan baru-baru ini menerapkan teori ini untuk subyek dan menemukan perkiraan Dunbar mungkin tidak terlalu jauh. Satu tim peneliti di Inggris, bersama dengan Dunbar, menganalisis data ponsel dari tahun 2007 (waktu sebelum meluasnya penggunaan media sosial) dari 6 miliar panggilan yang dibuat oleh 35 juta orang di Eropa, tim melihat individu yang membuat membalas panggilan telepon untuk sekitar 100 orang dan menhgunakan frekuensi panggilan telepon sebagai ukuran kedekatan.

Tim menemukan bahwa pola dalam panggilan telepon sangat mirip dengan nomor yang disarankan di lapisan asli Dunbar. Rata-rata lapisan kumulatif dalam studi baru diadakan adalah 4.1, 11.0, 29.8, dan 128,9 orang.

“Jumlah ini sedikit lebih kecil daripada lapisan Dunbar yang konvensional, tapi dalam jangkauan alami mereka bervariasi,” tulis para peneliti dalam kesimpulannya.

“Kebanyakan orang memiliki jumlah teman-teman dekat yang sangat kecil, tetapi jumlah ini bervariasi dari orang ke orang,” katanya Mac Carron. Mac Carron menjelaskan kisaran pertemanan ini bisa berfluktuasi antara satu dan 15 orang, namun rata-rata adalah sekitar empat sampai lima orang.

Source : National Geographic Indonesia

Previous articleJadilah Pelancong yang Abadikan Momen Lewat Tulisan
Next articlePolda Kaltim Cerminkan Hemat Listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.