Rumah Ampiek

Rumah Ampiek

580
0
SHARE

Bagi pecinta batik, Kalimantan Timur bisa menjadi salah satu daerah tujuan untuk menambah koleksi. Batik Kaltim yang biasa dikenal dengan batik ampiek memiliki corak yang berbeda dengan daerah lain.Ukir-ukiran, bentuk dedaunan, liukan akar, kantong semar, burung enggang, macan, naga, manusia, bahkan dewa-dewa adalah inspirasi pembuatan motif batik ampiek. Di Rumah Ampiek, Anda bisa mendapatkan informasi tentang batik ini, sekaligus mengoleksinya.

Motif batik ampiek yang terinspirasi dari alam dan kebudayaan suku-suku di Kalimantan bisa menempel di mana saja; kemeja, kebaya, selendang songket hingga sarung. Umumnya, batik ampiek digunakan pada kain dari serat kapas atau katun, hingga sutera yang lembut di kulit.

Keberadaan batik ampiek, tidak lagi sekadar jadi barang oleh-oleh atau cinderamata, tapi makin meluas dengan beredarnya produk hingga ke mancanegara. Apalagi, sejak produk kain dan busana khas Kaltim ini makin mendapat tempat di hati masyarakat, sejak ditetapkannya batik menjadi salah satu warisan budaya dunia milik Indonesia.

Di Rumah Ampiek kita bisa memilih berbagai ragam batik ampiek, baik yang sudah dibuat dalam bentuk pakaian jadi dengan berbagai desain untuk wanita dan pria, maupun dalam bentuk kain. Yang menarik, Anda bisa memilih kain dan menjahitnya sesuai model yang Anda inginkan di tempat ini. Di sini, batik juga tak hanya menempel di kebaya, hem atau baju resmi, melainkan juga terdapat pada t-shirt. Bahkan sandal bermotif batik ampiek.

Jika tak sedang berburu batik, kita bisa menjumpai suvenir lain yang menarik untuk oleh-oleh. Ada benda-benda khas Dayak seperti caping, anjat, manik-manik hingga mandau. Kerajinan manik-manik berupa gelang, anting hingga kalung juga ada di tempat lain, akan tetapi di Rumah Ampiek, bahan manik-manik didatangkan khusus dari Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Harga suvenir yang dijual cukup ramah di kantong, mulai Rp10 ribu hingga seharga Rp2,3 juta. Jika ingin mengunjungi Rumah Ampiek, Anda harus datang antara pukul 08.00 pagi hingga 19.00 Wita setiap hari, kecuali Minggu.

Rumah Ampiek
Jl Jend Sudirman
Kompl Balikpapan Permai Blok L No 16
T 0542-426216

LEAVE A REPLY