Home News Total Peduli Pendidikan Tinggi di Indonesia

Total Peduli Pendidikan Tinggi di Indonesia

993
0

Sebagai penghasil gas alam terbesar di Indonesia dengan produksi gas mencapai 1.761MMSCFD, dengan dukungan SKK Migas, Total E&P Indonesie (TEPI) menjalankan berbagai program bantuan pendidikan tinggi baik di wilayah pulau Jawa, ataupun di wilayah operasinya di Provinsi Kalimantan Timur. Bagi TEPI, pendidikan berkualitas merupakan modal dasar kemajuan negara berkembang seperti Indonesia.

“Melalui CSR pendidikan, kami ikut mendukung upaya memajukan pendidikan tinggi di Indonesia. Karena kami yakin mereka yang berkesempatan mengenyam pendidikan terbaik berpotensi untuk menjadi pemimpin masa depan di negeri ini,” kata Hardy Pramono, President & General Manager TEPI.

Untuk pendidikan tinggi, penanganannya dilakukan oleh Education and Capacity Building Department yang berada di bawah Human Resources Division. “Sumbangan TEPI pada pendidikan tinggi lebih pada upaya memberikan bekal bagi para pemuda Indonesia guna memasuki dunia kerja,” tambah Nano Suwarno, Head of Department Education and Capacity Building.

Sejauh ini terdapat tujuh program yang ditawarkan TEPI kepada berbagai perguruan tinggi, yaitu Total Professeurs Associes (TPA), Employee Voluntary Sharing Program (EVSP), Total Day, Scholarship Programs, University Partnership, Sponsorship Programs, dan Association of Total Scholarship Alumni (ATSA).

TOTAL PROFESSEURS ASSOCIES (TPA)

Para peserta program ini akan diberikan informasi di bidang migas, oleh para pakar Total Group mengenai pengalaman praktis di lapangan kerja, baik di bidang teknis ataupun non teknis, sesuai kebutuhan masing-masing universitas atau perguruan tinggi. Program ini melibatkan 276 pakar, termasuk yang masih aktif bekerja sebagai karyawan di Total Group.

Pada tahun 2011, TEPI menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan tujuh perguruan tinggi di Indonesia, yaitu: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Mulawarman Samarinda, dan Sekolah Tinggi Teknik Migas Balikpapan. Sejak 2012, TPA sudah berlangsung sebanyak 40 kali di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

EMPLOYEE VOLUNTARY SHARING PROGRAM (EVSP)

Sesuai dengan namanya, program yang sudah dilakukan 92 kali di berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Timur maupun di Jawa ini memberi kesempatan mengajar bagi karyawan TEPI yang memiliki minat atau ketertarikan pada dunia pendidikan. Melalui program yang dimulai sejak 2005 ini, karyawan (nasional maupun ekspatriat) yang berminat diberi kesempatan menjadi dosen tamu di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Ilmu dan pengetahuan yang kami dapatkan di dunia kerja kami bagi kepada teman-teman di berbagai kampus. Selain untuk memberikan motivasi dalam jangka panjang, EVSP ini juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas para mahasiswa ketika mereka akan memasuki industri ini,” Jelas Henricus Herwin, Head of Department Tunu Asset TEPI, yang sering berkontribusi dalam EVSP.

TOTAL DAY

Total Day atau Hari Total, adalah program setengah hari yang isinya mengenalkan bidang-bidang unggulan TEPI kepada para mahasiswa oleh para ahli di bidang terkait. Total Day dimulai tahun 2012, dan hingga hari ini telah diadakan 30 kali di berbagai perguruan tinggi baik yang memiliki MoU maupun yang tidak. Beberapa tema khusus yang pernah disampaikan adalah, Total Day on Innovation, Total Day on Career, Total Day on Field Development, dan Total Day on PSC Contracts.

PROGRAM-PROGRAM BEASISWA

Untuk membuka akses pendidikan tinggi bagi pemuda Indonesia, TEPI juga memiliki empat jenis program beasiswa. Yang pertama adalah Total Undergraduate Scholarship (TUS), yang sudah diterima sekitar 141 mahasiswa program sarjana dari tahun 2007 sampai 2015.

Kemudian, Total Global Scholarship (TGS) dengan penerima sebanyak 62 mahasiswa program pasca sarjana sejak tahun 2005 sampai 2015. “Yang sangat saya apresiasi dari beasiwa ini adalah, saya tidak hanya mendapatkan dukungan finansial dan semua yang menyangkut dengan pendidikan saya, tetapi juga dukungan moril dari Total. Mereka memberikan semangat dan meningkatkan kepercayaan diri saya. Suatu pengalaman dan kesempatan yang tidak terhingga manfaatnya untuk pendidikan saya,” terang Duwi Pratiwi, penerima beasiswa TGS tahun 2014 asal Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, yang kini sedang mengambil gelar master International Energy di Paris School of International Affairs, Sciences Po Paris.

Berikutnya, Program Beasiswa dalam Kerjasama dengan Kedutaan Besar Prancis yang dimulai pada 2015 lalu, dengan penerima beasiswa sebanyak 5 mahasiswa pasca sarjana. Mereka kini menjalani kuliah di berbagai perguruan tinggi negeri di Perancis. Yang terakhir adalah ITB-IFP Dual Master Program, kerjasama yang difasilitasi dan diselenggarakan oleh TEPI, antara ITB Bandung dengan IFP School Perancis (perguruan tinggi khusus perminyakan ternama di Perancis), yang sudah diselenggarakan 6 angkatan sejak 2009. Saat ini, ada empat mahasiswa terpilih yang sedang menjalani program ini di IFP School.

UNIVERSITY PARTNERSHIP

Ada dua kerjasama yang dilakukan dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, yang pertama adalah Total Summer School (TSS), forum diskusi yang mengundang sekitar 120 mahasiswa dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam menganalisis dan berdiskusi perihal energi dengan para manager di Total Group di Perancis. Setiap tahunnya, TEPI memilih lima mahasiswa terbaik dari berbagai universitas ternama di Indonesia sebagai perwakilan. Ada 52 mahasiswa semester 5 sampai 7 yang pernah mewakili Indonesia di TSS sejak tahun 2006.

Sedangkan kerjasama kedua ditujukan bagi para dosen untuk berpartisipasi dalam berbagai seminar, seperti Total Education and Energy Seminar (TEES), program rutin satu setengah tahunan yang diselenggarakan di Paris. Pada 2015 lalu, TEPI mengirimkan tiga dosen dari perguruan tinggi yang berbeda untuk bergabung dengan 80 dosen lainnya dari berbagi negara tempat Total beroperasi.

Seminar lainnya adalah program tahunan Asia Pacific Total Education Committee (ATEC), program tahunan bagi dosen dan mahasiswa dari negara-negara tempat Total beroperasi, di kawasan Asia Pasifik. Seminar ini pernah diselenggarakan di Cina, Indonesia, dan terakhir di Singapura pada Oktober 2014, di mana TEPI mengirimkan satu dosen dan satu mahasiswa.

Pada acara tahunan Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex), di Jakarta, TEPI selalu mensponsori lima dosen dari berbagai perguruan tinggi yang berbeda untuk hadir sebagai peserta. Terakhir, pada 2015, TEPI memprakarsai seminar National Association of Corrosion Engineers (NACE) yang diselenggarakan di Jakarta. Dalam seminar yang ditujukan bagi para ahli serta praktisi korosi di dunia migas ini, TEPI mengikutsertakan satu orang dosen yang berhubungan dengan bidang korosi sebagai peserta aktif.

ASSOCIATION OF TOTAL SCHOLARSHIP ALUMNI (ATSA)

Program ini merupakan kelanjutan program beasiswa maupun kerjasama dengan perguruan tinggi yang sudah dijelaskan di atas. Para penerima manfaat, baik itu mahasiswa ataupun dosen dikumpulkan dalam satu wadah ATSA untuk menampung ide dan kegiatan dalam rangka mendukung peningkatan pengembangan kapasitas nasional.

Sebanyak 275 penerima manfaat (mahasiswa dan dosen) masuk dalam daftar kepengurusan baru ATSA yang dibentuk pada Januari 2015. Salah satu kegiatan yang sudah diadakan oleh kepengurusan baru ini adalah mengajar matematika, IPA, Bahasa, dan lainnya, di salah satu Sekolah Dasar di Bogor, Jawa Barat. Tidak hanya itu, bekerja sama dengan yayasan yang bergerak dalam bidang seni, ATSA juga memberikan materi seni seperti menari, bernanyi, bermain alat musik tradisional, dan lainnya. (adv)

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 53 Mei 2016

Previous articlePerkenalkan Diri Lewat Education Fair 2016
Next articleLagi, Bidik Predikat WTP Tahun Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.