Home Technology and Tips Cara Membuat Proyektor Smartphone untuk Nonton Bioskop di Rumah

Cara Membuat Proyektor Smartphone untuk Nonton Bioskop di Rumah

2790
0

Setiap bulan selalu ada film baru yang tayang di bioskop. Namun banyaknya film yang diputar itu kadang tidak seimbang dengan kesibukan dan budget yang dianggarkan tiap bulannya. Bisa aja sih download di smartphone, tapi masa nontonnya juga di smartphone?

Nah, buat kamu yang mau nonton film ala di bioskop lewat smartphone, Jaka ada caranya nih. Yakni dengan membuat proyektor untuk smartphone.

Menonton di layar yang lebih lebar memang memuaskan daripada nonton di smartphone atau tablet. Nah, dengan proyektor sederhana yang Jaka rangkum dari channel YouTube TechBuilder ini, kamu bisa leluasa nonton film di tembok kamar. Seperti di bioskop, kan?

Bahan Untuk Membuat Proyektor Smartphone

Untuk membuat proyektor smartphone ini, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

– Smartphone
– Kertas karton tebal
– Penggaris
– Lem
– Lem Tembak
– Cutter
– Kaca pembesar
– Double tape, dan
– Kardus bekas sepatu

Cara Membuat Proyektor Smartphone

Setelah semua bahan siap, yuk lanjut ke tahap pembuatannya!

– Pertama, potong dulu gagang kaca pembesar sehingga hanya tersisa bulatannya saja. Kamu bisa gunakan gergaji atau pisau untuk memotongnya.

– Ambil kardus bekas sepatu, lalu rekatkan semua sisi-sisi dalamnya dengan lem. Selanjutnya gunakan bulatan kaca pembesar tadi untuk membuat cetakan bulat pada salah satu sisi kardus sepatu.

– Gunakan pisau cutter untuk mendapatkan lubang bulat mengikuti cetakan yang tadi kamu buat. Kamu bisa menggunakan bantuan jangka agar mudah membuat bulatannya.

– Rekatkan bulatan kaca pembesar di bagian dalam kardus sepatu pada hasil cetakan bulatan dengan menggunakan lem tembak.

– Jangan lupa buat bagian bulatan pada tutup kardus sepatunya juga. Tujuannya jelas agar gambar yang diproyeksikan tidak tertutup.

– Setelah proyektor siap, selanjutnya kamu harus membuat dudukan smartphone. Buat dudukan smartphone dengan karton tebal yang telah disiapkan. Buat ukuran yang sesuai dengan lebar kardus agar tidak mudah goyang.

– Jangan lupa untuk memastikan dudukan smartphone tepat memiliki sudut siku 90 derajat. Tujuannya agar gambar bisa diproyeksikan dengan sempurna.

– Rekatkan smartphone ke dudukan dengan menggunakan double tape.

– Selanjutnya kamu tinggal letakan dudukan smartphone ke dalam kardus proyektor, dan atur agar gambar yang dihasilkan sesuai. Oh iya, rotasi layar smartphone harus dikunci, dan dipasang terbalik pada dudukan ya. Karena proyektor bekerja terbalik. Selesai!

Source : Jalan Tikus

Previous articleApa yang Harusnya Sering Kamu Lakukan Tapi Kadang Kamu Males Ngelakuin
Next articleBeginilah Wujud Asli Film Sebelum dan Sesudah Editing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.