Home Technology and Tips 6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

1257
2

Kamu tidaak mau dong laptop yang baru kamu beli cepat rusak karena kurangnya perawatan atau malah karena perawatan yang salah. Kalau iya dan kamu sedang butuh tips agar laptop kamu awet, kamu datang ke artikel yang tepat. Ini dia cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

Laptop itu kan merupakan barang mahal ya, apalagi kalau kamu pake ASUS ROG yang 30 jutaan itu. Jadi, daripada buang duit karena kecerobohan kamu dalam merawat laptop, mending lanjut baca sampai habis 6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak di bawah ini.

1. Jangan Taruh Laptop di Atas Kasur

Ini yang paling penting untuk merawat laptop agar awet. Jika kamu menaruh laptop kamu di atas kasur, sirkulasi udara di laptop kamu tidak akan berjalan dengan lancar. Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan badan kasur. Akibatnya, udara panas pembuangan tersebut berputar kembali ke dalam laptop kamu dan membuat komponen-komponen laptop kamu malah SEMAKIN PANAS. Parah kan?

2. Jangan Mengangkat Laptop dalam Keadaan Menyala

Mengapa tidak boleh? Karena laptop yang dalam keadaan menyala, Harddisk-nya masih bekerja dan takutnya piringan Harddisk bisa tergores dan menyebabkan BAD SECTOR.

3. Jangan Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Loh, kok tidak boleh? Lalu bagaiman? Sebenarnya boleh-boleh saja kalau laptop kamu masih dingin karena penggunaan di ruangan ber-AC atau pada dini hari. Yang tidak boleh, kalau laptop kamu masih dalam keadaan hangat atau bahkan panas.

Untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, hindari menutup LCD laptop langsung karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD tersebut. Jika kamu berada di sekolah atau di kantor yang tidak ber-AC atau udaranya panas, sebaiknya setengah jam sebelum jam pulang matikan dulu laptopnya.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat

Kalau game-game seperti Angry Birds atau Zuma ya tak masalah. Yang jadi masalahnya laptop kamu sering digunakan untuk bermain game-game berat, seperti GTA V, Call off Duty Advanced Warfare, PES 2016, dan sebagainya. Jika mainnya terlalu lama, akan dapat menyebabkan komponen laptop menjadi overheat dan baterai laptop kamu bisa rusak/bocor.

5. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop yang digunakan terlalu lama bisa saja terkena overheat (panas yang berlebihan). Perlu diingat laptop berbeda dengan komputer yang dapat dinyalakan 24 jam nonstop.

6. Sering-Sering Membersihkan Laptop Kamu

Nah, ini yang tak boleh ketinggalan. Jangan lupa pula selalu membersihkan laptop kamu minimal 2 minggu sekali. Debu-debu yang menempel di komponen laptop kamu dapat memperlambat kinerja laptop dan membuat laptop kamu cepat panas. Adapun yang perlu dibersihkan antara lain, LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Jika kamu mahir bongkar pasang laptop, bersihkan pula bagian dalam laptop kamu ya.

Nah, itulah 6 tips merawat laptop agar tidak cepat rusak yang bisa Jaka berikan untuk kamu. Semoga bermanfaat ya.

Source : Jalan Tikus

Previous articleAngka-angka Populer dan Maknanya
Next articleBerapa Jumlah Kafein yang Dianggap Terlalu Banyak untuk Tubuh?

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.