Home Entertainment Angka-angka Populer dan Maknanya

Angka-angka Populer dan Maknanya

2935
0

Meskipun banyak orang benci matematika, tapi tak dipungkiri kalau manusia itu terobsesi dengan angka. Di berbagai tradisi, ada angka-angka yang dianggap keramat, bawa sial ataupun bawa keberuntungan. Malah, gara-gara kepercayaan tertentu akan angka dan jadi patokan untuk menjalani hidup.

Berikut angka-angka populer dan maknanya:

1. 13

Angka ini terkenal karena dianggap membawa sial, malah ada orang-orang yang punya pemikiran irasional kalau angka ini buruk dan harus dihindari jauh-jauh. Sampai-sampai ada namanya sendiri untuk ketakutan akan angka 13 ini, yaitu Triskaidekaphobia. Makin populer saja berkat film horror Friday the 13th.

Yang unik, ada juga negara yang beranggapan sebaliknya. Di Italia, angka 13 disebut sebagai angka keberuntungan. Sedangkan, angka tujuh belas disebut sebagai angka sial.

Sejak lama, hari Jumat tanggal 13 menjadi hari yang dianggap tidak baik. Di negara berbahasa Spanyol, bukannya Friday the 13th yang ditakutkan orang, tapi justru hari Selasa. Begitu juga, orang Yunani yang berpikir kalau Selasa dinaungin the God of War.

2. 7

Kebalikan dari angka 13, angka tujuh lebih dekat ke keberuntungan. Misalnya: Jumlah warna di pelangi, jumlah lapisan surga, jumlah keajaiban dunia dan kalau di sepak bola nomor tujuh selalu dipakai oleh pemain-pemain sayap yang keren.

Selain itu, nomor 7 juga dikenal sebagai jumlah dosa paling mematikan dalam kepercayaan umat Kristiani.

3. 666

666 seringkali disebut sebagai Number of the Beast. Nomer ini identik dengan setan dan banyak dipakai oleh kelompok musik metal untuk menunjukkan betapa seramnya mereka.

4. 888

Angka yang ini dalam penomoran Kristiani melambangkan Jesus dan juga dianggap sebagai lawan dari angka 666.

Sedangkan, bagi masyarakat Tionghoa, angka 888 dianggap angka yang sangat membawa beruntung. Sampai, kalau ada nomor telepon yang ada angka ini, harganya premium.

5. 17

Tanggal 17 selalu diingat karena merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun sebenarnya, secara umum Indonesia baru diakui berhari-hari setelah tanggal ini.

Buat cewek-cewek, umur 17 dianggap penting dan dirasa harus dirayakan sebesar mungkin. Karena di usia ini, seorang cewek dianggap sudah dewasa dan sudah bisa mengurus KTP. Yang lucu, walaupun memakai bahasa Inggris, di Amerika yang terkenal justru Sweet Sixteen, saat dimana remaja dibolehkan menyetir.

6. 27

Di dunia musik, umur 27 dikenal karena banyaknya musisi yang meninggal di usia ini. Brian Jones, Jimi Hendrix, Jim Morrison, Janis Joplin, Kurt Cobain sampai yang terbaru Amy Winehouse semua meninggal di usia ini dengan alasan yang berbeda-beda.

Karena banyak yang meninggal, sampai ada nama khusus buat mereka yaitu 27 Club.

7. 86

Angka ini sebenarnya berasal dari kode sandi kepolisian, yang artinya “Dimengerti”. Semacam ‘Jangkrik, bos’ gitu deh. Juga dikenal di jalanan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan suap.

8. 64

Angka ini pasti familiar sekali untuk mereka yang sering naik angkot. Biasanya, angka ini disebut oleh sang supir untuk mengingatkan kalau sebenernya angkotnya masih lowong. Enam-empat di sini artinya “Rapetin dong duduknya”.

9. 11 12

Angka ini sering terdengar kalau misalnya sedang membandingkan sesuatu, artinya yaitu mirip atau hampir sama.

“Kamu sebelas dua belas deh mukanya sama yang ada di duit Rp 500 kertas.”

10. 48

Kalau yang ini dikenal karena konon kabarnya Siddharta Gautama duduk dibawah pohon selama 48 hari untuk mendapat pencerahan. 48 menit juga adalah waktu total dalam satu game NBA.

Tapi, sebenarnya angka ini ada karena alasan lain sih.

Ada yang kelewatan? Boleh banget lho kamu kasih tahu di komentar.

Source : malesbanget.com

Previous articleApakah Anda Penonton Bioskop yang Baik?
Next article6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.