Home Technology and Tips 7 Fungsi Lain Tombol Tengah Mouse yang Mungkin Kamu Belum Tahu

7 Fungsi Lain Tombol Tengah Mouse yang Mungkin Kamu Belum Tahu

836
0

Mouse dengan tombol scroll di tengahnya pasti sudah akrab dengan hidup kamu. Tapi selain bisa diputar-putar alias di-scroll, tombol ini juga bisa ditekan. Tapi kamu tahu tidak gunanya tombol tengah ini dan apa efeknya kalau dipencet?

Awas jangan sembarang mempergunakan mouse kalau belum tahu akibatnya. Bisa-bisa kamu yang rugi. Tapi ternyata tombol tengah mouse itu tidak sekedar hiasan saja lho. Inilah 7 fungsi tombol tengah pada mouse yang mungkin kamu belum tahu.

1. Open New Window

Tombol tengah bisa digunakan untuk membuka jendela baru dari berbagai program atau folder yang ada di taskbar. Arahkan saja pada salah satu program di taskbar dan tekan tombol tengah.

2. Close Window

Selain untuk membuka jendela baru, tombol tengah juga berguna untuk menutup satu jendela dalam program yang sedang dibuka. Kamu tinggal arahkan mouse kamu ke program yang ada di taskbar, hingga muncul preview-nya. Terus tekan tombol tengah di salah satu jendela untuk menutupnya.

3. Open in New Tab

Untuk membuka sebuah link di tab lain, biasanya orang menggunakan klik kanan, lalu pilih “Open link in new tab”. Fungsi ini bisa dijalankan hanya dengan menekan tombol tengah. Fungsi ini bisa dilakukan dengan beragam browser, seperti Chrome, FireFox, Internet Explorer ataupun browser lainnya.

4. Open All Tab Bookmark

Kalau di bookmarks bar kamu ada banyak link yang kamu simpan dalam folder, pasti repot kan kalau harus membukanya satu persatu? Buka saja semuanya pakai tombol tengah mouse kamu.

5. Close Tab

Kalau kamu sedang membuka banyak tab, biasanya tombol x untuk menutup tab tersebut akan bersembunyi. Tapi kamu bisa menggunakan tombol tengah untuk menutup salah satu tab di browser.

6. Mempercepat Scroll

Kamu bisa mempercepat scroll di sebuah Web atau saat membuka aplikasi Microsoft Word, Excel, Adobe Reader dan sebagainya. Tekan tombol tengah mouse, lalu akan muncul 4 arah. Kamu tinggal menggeser mousenya dan secara otomatis pergerakan akan menjadi lebih cepat.

7. Tombol Macro

Jika kamu pengguna Mouse yang memiliki tombol Macro, kamu bisa mengatur tombol tengah menjadi beragam fungsi. Seperti Play/Pause lagu, Next/Previous, mengambil Screenshot dan masih banyak lagi. Mouse Macro biasa ditemui di berbagai macam Mouse Gaming.

Itulah sebagian fungsi tombol tengah pada mouse. Nah, kalau kamu tahu lebih banyak fungsi tombol tengah ini, bisa dishare di kolom komentar lho.

Source : Jalan Tikus

Previous articleBanyak Teman Membuat Tubuh Lebih Tahan Sakit
Next articleSelamat Bertugas Rizal-Rahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.