Home Entertainment Perbedaan KW Super Premium, KW Super, KW 1 dan KW Lainnya

Perbedaan KW Super Premium, KW Super, KW 1 dan KW Lainnya

4911
0

Fake, knock off, atau bootleg, adalah sebutan yang biasa digunakan untuk menyebut barang palsu atau tiruan. Nah kalau di Indonesia, biasa disebut KW. Istilah KW sendiri belum diketahui dari mana asal-usulnya. Menurut info, KW itu diambil dari kata ‘kwalitas’. Padahal jelas-jelas di KBBI, yang benar itu ‘kualitas’, bukan ‘kwalitas’.

Anyway, kenapa barang KW itu bisa laku dan malah lebih laku daripada barang orisinal? Tentunya kamu juga sudah tahu alasannya. Daya beli setiap orang berbeda-beda, yang artinya, tidak semua kalangan mampu membeli barang mahal. Sampai-sampai muncul istilah “Kalau ada yang lebih murah, ngapain beli yang mahal?”.

Ingin memiliki barang serupa tapi tak mampu beli, akhirnya konsumen rela beli barang yang serupa dengan harga lebih murah. Karena melihat calon pasar yang besar, kemudian produsen berusaha membuat barang serupa yang bisa dijual lebih murah untuk meraup pasar yang lebih luas lagi. Akhirnya muncullah barang-barang tiruan yang lebih sering disebut KW.

KW tidak hanya KW saja, banyak tingkatannya lho! Biar kamu tidak tertipu, sebaiknya kamu pahami dulu perbedaanya.

KW Super Premium

Sangat mirip dengan yang asli
Sangat mirip dengan yang asli

Sering kali barang KW Super Premium ini dikaitkan dengan barang reject alias barang yang tidak memenuhi standar atau tidak lolos quality control. Seringkali, barang KW Super Premium lolos ke pasaran karena kurang ketatnya peraturan perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang melarang barang yang memiliki cacat walau hanya sedikit menginjak tanah luar pabrik. Kalau bisa malah dimusnahkan saja, daripada nanti muncul barang dengan kualitas sama tapi harga yang banting, yang bisa membuat citra perusahaan buruk.

KW Super Premium tidak melulu reject-an, ada juga pabrik yang berhasil meniru barang dengan sangat baik bahkan sampai ada yang mengantongi sertifikat keaslian, atau nomor serial, atau hologram asli, juga memiliki detail, pernak-pernik, bahkan cetakan merk yang persis dengan aslinya.

Ciri-ciri KW Super Premium adalah kualitas jahitan dan benang yang rapi, warna tidak mudah pudar, kalau ada bahan kulit, kulitnya itu kulit asli. Pokoknya kalau kita hanya sekilas melihatnya tak akan ketahuan kalau itu bukan asli. Kalau kamu juga belum pernah memiliki barang asli, kamu akan sulit membedakan antara KW Super Premium dengan barang aslinya.

KW Super AAA

KW Super AAA
KW Super AAA

Barang KW Super AAA ini di bawah levelnya KW Super Premium. KW Super AAA meniru barang asli tapi dengan menggunakan bahan yang versi lebih murahnya dari KW Super Premium. Misalnya KW Super Premium memakai bahan kulit domba yang notabene sangat lembut, sementara, KW Super AAA menggunakan kulit sapi yang sama-sama kulit sungguhan (bukan imitasi).

KW Super B

KW Super B
KW Super B

Berada di bawah KW Super AAA, KW Super B ini biasanya berhasil meniru bagian luar tapi tidak sampai ke detail bagian dalam. Misalnya kalau tas, yang asli warnanya kuning muda, tapi si KW Super B ini warnanya kuning saja, atau misalnya bagian dalam tas yang asli menggunakan kain beludru lembut, sementara yang KW Super B menggunakan kain kanvas biasa. Untuk tau perbedaannya, sedikit susah kalau tidak melihat langsung barang tersebut. Harga si KW Super B ini sangat jauh di bawah KW Super AAA. Makanya, kalau salah beli bisa rugi.

KW Super

KW Supeeeeerrr!
KW Supeeeeerrr!

KW Super menggunakan bahan yang mirip dengan KW Super B, cuma lagi-lagi versi yang lebih murahnya. Misalnya kalau kasusnya di jam tangan, jam tangan yang asli itu kacanya bening dan plat belakang jam tidak tembus, sementara kalau KW Super kaca jam bening namun ada bias kebiru-biruan dan plat belakang tembus sehingga mesin kelihatan. Contoh di barang lain misalnya tas, aksesorisnya mirip dengan yang KW Super B yang terbuat dari plastik, cuma, dengan bahan plastik yang kualitasnya lebih rendah.

KW Semi Super

KW Semi Super
KW Semi Super

Barang dengan status KW Semi Super biasanya menggunakan bahan yang benar-benar berbeda. Misalnya tas, yang harusnya terbuat dari kulit domba asli diganti menjadi kulit sapi, tapi itu juga di bagian tertentu saja (misal gagang tas). Sementara bagian tas yang lain si kulit sapi disubstitusi menjadi kulit imitasi. Dilihat dari jahitan maupun kerapihan pengeleman, tentu KW Semi Super ini tak bisa disamakan dengan KW Super sekali pun. Intinya, KW Semi Super ini seperti asli, tetapi juga seperti palsu. Semacam setengah hati gitu mau bilang asli begitu kamu liat barang ini.

KW 1

KW 1
KW 1

Meskipun bisa dibilang cukup rapi, si KW 1 ini memiliki kualitas di bawah KW Semi Super. KW 1 fokus pada bentuk yang dibuat agar mirip namun tidak memperhatikan kualitas bahan. Misalnya, kalau sepatu suka bikin lecet karena bahannya yang tidak kasar, atau juga tas yang mudah putus karena jahitannya tidak kuat. Kalau tidak cepat rusak, pasti tidak nyaman dipakainya.

KW 2

KW 2
KW 2

Kalau barang KW 2 benar-benar dibuat dari bahan yang murah, yang memang sengaja dipilih untuk menekan biaya produksi. Kualitasnya di bawah KW 1 dan biasanya juga lebih cepat rusak. Tingkat kemiripannya sangat sedikit dari aslinya, malah bisa dibilang tidak mirip. Kelihatan sekali palsunya.

KW Keterlaluan

Ini sih tidak bisa diungkapkan pakai kata-kata lagi, sama sekali tidak ada kemiripannya dengan yang asli.

Obama kok jadi gini
Obama kok jadi gini
Naruto sudah direkrut
Naruto sudah direkrut
Ini gimana bacanya
Ini gimana bacanya
Ga sekalian Poliklinik aja
Ga sekalian Poliklinik aja
Ini yang buat habis begadang, ga fokus. Typo deh
Ini yang buat habis begadang, ga fokus. Typo deh

Nah, sudah paham kan tentang perbedaan barang-barang KW? Kembali ke pilihan masing-masing, kamu sanggupnya beli barang yang levelnya di mana. Kamu sendiri memprioritaskan keaslian suatu barang atau tidak?

Source : malesbanget.com

Previous articleJadikan HLSW Percontohan Hutan di Ghana
Next articleBanyak Teman Membuat Tubuh Lebih Tahan Sakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.