Home Entertainment Ini Dia Bedanya Dishub dan Polantas

Ini Dia Bedanya Dishub dan Polantas

19876
0

Sebagai pengguna jalan, apalagi di Jakarta. Belakangan kamu tentu sering menemukan deh ada dua petugas yang lagi mengatur lalu lintas. Mereka adalah Polantas (Polisi Lalu Lintas) sama petugas Dishub (Dinas Perhubungan).

Sekilas kamu pikir, tugas mereka sama. Abis sama-sama suka berdiri di perempatan lampu merah, ngatur arus biar gak macet. Tapi sebenernya, Polantas dan Dishub itu beda. Selain seragamnya yang beda.

Couple nih
Couple nih

Dishub yang Bikin Kebijakan, Polantas Pelaksananya

Jadi sebenernya tugas pokok Dishub adalah mengatur segala urusan transportasi dan perhubungan. Kayak, ngatur letak rambu-rambu lalu lintas, bikin marka jalan, perparkiran, penetapan trayek dan tarif angkutan umum, memeriksa uji kelayakan kendaraan umum. Sementara Polantas sama aja kayak polisi, dia tugasnya menegakan hukum. Dalam hal ini dialah yang bertugas buat ngatur lalu lintas. Namanya aja polisi lalu lintas. Jadi kalau ada yang melanggar apa pun-yang udah dibikin sama Dishub, Polantas yang bertugas ngasih sanksinya.

Dishub Ngecek Fisik Kendaraan, Polantas Ngecek Surat-suratnya

Kalau menurut Undang-Undang sih katanya, Dishub cuma ditugas memeriksa bukti lulus uji dan fisik kendaraan, mulai dari rem, kemudi, posisi roda depan, kerangka kendaraan, muatan, klakson, lampu, penghapus kaca, spion, ban, emisi gas buang, kaca jendela, kaca depan, speedometer, dan seat belt. Terutama angkutan berpelat kuning. Sementara kalau polantas tugasnya mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan.

Dishub Biasanya Ada di Terminal, Kalau Polantas Bisa Ada di Mana Aja

arena Dishub emang berkutat sama angkutan umum, makanya kamu lebih sering lihat mereka wara-wiri di sekitaran terminal kan. Mereka menertibkan angkutan-angkutan itu, tapi tetep yang diurusin kelengkapan kendaraan sama KIR. Sementara kalau polantas karena kewajibannya emang mengatur lalu lintas, jadi mereka bisa ada di mana aja. Pokoknya kalau ada kemacetan dan merasa perlu diatur, ya udah mereka akan muncul di situ.

Dishub Gak Bisa Berhentiin Kendaraan Sembarangan, Polisi Boleh

Ternyata, Dishub itu gak boleh berhentiin kendaraan sembarangan. Karena itu wewenangnya polantas. Dan di UU No. 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan itu gak tercantum sebagai wewenangnya Dishub. Jadi kalau ada yang kendaraan terutama angkutan umum yang melanggar, Polantas lah yang berhak turun ke jalan memberhentikan. Setelah itu baru deh giliran Dishub yang memeriksa. Itu pun gak semua Dishub, cuma Dishub yang udah diangkat jadi penyidik doang. Dan tetep harus didampingin polisi.

Sebenernya Dishub Gak Bisa Menilang Kayak Polantas, Tapi….

Menurut undang-undangnya sih, sebenernya Dishub gak punya hak buat menilang pengendara yang melanggar. Bahkan menyita STNK sama SIM aja gak dibolehin. Tapi, belakangan wewenang Dishub coba diperluas nih. Paling gak itu yang dilakuin sama Gubernur DKI Jakarta, Ahok, supaya Dishub juga boleh ikut serta di kegiatan razia.

Bahkan, Sekarang Dishub Juga Dilengkapi Senjata Kayak Polantas

Kalau polisi emang udah seharusnya dilengkapi persenjataan, karena tugasnya buat pengamanan kan. Sementara Dishub tugas pokoknya cuma mengurus masalah transportasi aja. Tapi belakangan, katanya Dishub sengaja dikasih senjata juga nih. Alasannya sih, buat jaga-jaga aja kalau ada ancaman pas bertugas di lapangan.

Dishub Menertibkan Kendaraanya, Polantas Menertibkan Pengendaranya

Intinya Dishub yang mengurusi kelayakan kendaraannya, nah Polantas yang mengurusi orang-orang dalam berkendara. Nah, mungkin biar dua-duanya sama-sama tertib, makanya mereka sering berdekatan.

Gimana, kamu udah mulai tercerahkan belum tentang bedanya Polantas sama Dishub? Tapi kayaknya sih, makin ke sini kedudukan Polantas dan Dishub bisa sama nih. Abis tugasnya hampir mirip, malah cenderung tumpang tindih.

Source : malesbanget.com

Previous article6 Kiat Lepas dari Ketergantungan Ponsel
Next articleNegeri yang dari Sahur ke Buka Hampir 22 Jam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.