Home Lifestyle Ingin Punya Kartu Kredit? Jawab Dulu Pertanyaan Ini

Ingin Punya Kartu Kredit? Jawab Dulu Pertanyaan Ini

584
0

Memilih kartu kredit baru merupakan sesuatu yang kebanyakan dilakukan setiap beberapa tahun. Dalam memilih kartu kredit yang tepat adalah perhatikan dampak kartu kredit terhadap kesehatan keuangan Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Untuk itu perhatikan tips berikut ini untuk membantu memilih kartu kredit yang terbaik dan cocok bagi Anda seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (21/6/2016):

1. Apakah Anda Mampu Membayar Penuh Tagihan Tiap Bulannya?

Banyak konsumen yang ternyata lebih memilih melunasi tagihan kartu kreditnya tiap bulan. Mereka suka menggunakan kartu kredit untuk berbelanja dan melacak pengeluaran mereka.

Biasanya mereka memilih kartu kredit yang suku bunganya lebih tinggi, namun memiliki nilai tambah, antara lain bebas biaya tahunan atau potongan harga, cash back dan reward saat belanja.

Sebaiknya cek dengan bank penerbit kapan bunga diperhitungkan, apakah sejak tanggal transaksi atau sejak masa tenggang berakhir? Jika sejak tanggal transaksi, maka Anda tetap harus membayar bunga meskipun sudah membayar tagihan penuh tiap bulan.

2. Apakah Anda Akan Membayar Tagihan dengan Mencicil?

Tidak sedikit konsumen yang tidak melunasi tagihan tiap bulan dan membayar tagihan selama beberapa bulan, kemudian melunasinya saat memiliki uang cukup.

Kartu kredit adalah metode pembayaran yang memudahkan bertransaksi, namun jangan memperlakukan kartu kredit sebagai sumber keuangan.

3. Apa Anda Punya Sumber Dana untuk Melunasi Semua Tagihan?

Jika Anda menganggap kartu kredit sebagai sumber pendapatan dan tidak mempunyai pendapatan yang cukup untuk melunasi tagihan, terutama dalam jumlah besar, maka kartu kredit bukan pilihan yang tepat.

Sebaiknya gunakan saja kartu debit yang memudahkan transaksi, namun menggunakan dana milik sendiri. Jika memiliki sumber pendapatan yang cukup, maka carilah kartu kredit dengan suku bunga paling rendah. Meskipun mengenakan biaya tahunan atau tidak memiliki banyak tawaran diskon dan cash back.

4. Jenis Kartu Apa yang Anda Butuhkan?

Kartu gold atau platinum adalah kartu kredit premium yang menawarkan batas kredit yang tinggi dan manfaat eksklusif.

Bank penerbit biasanya mengharuskan pemegang kartu gold atau platinum memiliki standar pendapatan dan kelayakan kredit yang tinggi, serta menerapkan suku bunga yang lebih tinggi.

Batas kredit yang lebih tinggi dan manfaat yang eksklusif biasanya menarik para pebisnis atau mereka yang sering bepergian.

Beberapa manfaat tambahan yang diberikan biasanya berupa: asuransi kecelakaan saat perjalanan, masa garansi produk yang lebih panjang, airport lounge, dan sebagainya.

Jadi, sebelum memutuskan kartu yang harus diambil, pertimbangkan dahulu manfaat tambahan yang benar-benar akan digunakan, mungkin saja yang ditawarkan Platinum tidak pernah Anda butuhkan.

5. Apakah Kartu Kredit yang Dikaitkan dengan Merek Atau Institusi Non Bank Tepat untuk Anda?

Saat ini banyak institusi yang menawarkan kartu kredit yang dikaitkan dengan brand atau institusi mereka.

Jadi selain nama bank penerbit, ada nama institusi atau merek tertentu yang tertera dan berpengaruh pada manfaat yang diterima penerima kartu atau institusi tersebut.

Kartu Co-branded: kartu ini diterbitkan maskapai penerbangan, pusat perbelanjaan, hypermarket, agen perjalanan, dan lainnya.

Dengan kartu ini, Anda dapat menikmati harga khusus dan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk mendapat potongan harga.

Affinity Cards: kartu kredit ini diterbitkan organisasi, seperti: klub olah raga, asosiasi alumni, lembaga sosial atau institusi lain yang mendapatkan fee dari tiap transaksi. Lembaga penerbit memberikan bonus menarik, seperti: hadiah eksklusif atau potongan harga.

Sesuaikan dengan Kemampuan Keuangan Anda

Demikian pembahasan tips memilih kartu kredit untuk pemula. Lakukan riset dan analisa tentang diri sendiri, tentang kebutuhan kredit, kemampuan diri dan pola pembayaran tagihan, untuk membantu menentukan kartu kredit mana yang tepat untuk Anda.

Apapun kartu kredit yang Anda pilih, gunakan dengan bijak dan bayar tagihannya tepat waktu. (Ahm/Ndw)

Source : Liputan 6

Previous articleBazar BI Langsung Diserbu
Next articleCurhat di Sosial Media Bisa Dapat Puluhan Juta Rupiah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.