Home Leisure Ajak Peduli Pendidikan, Tularkan Energi Positif | @KI_Balikpapan

Ajak Peduli Pendidikan, Tularkan Energi Positif | @KI_Balikpapan

884
0

Apa saja akun social media yang dikelola? Apa visi misinya?

Kami memiliki 3 akun social media. Twitter @KI_Balikpapan, Instagram KI_Balikpapan dan Facebook: Kelas Inspirasi Balikpapan.

Awalnya, kami hanya membuat Email dan Twitter @KI_Balikpapan sebagai media promosi kegiatan Kelas Inspirasi pada netizen, terutama di Balikpapan. Selain itu, juga sebagai salah satu syarat yang harus disampaikan ke KI pusat dan Indonesia Mengajar.

Seperti tertulis di website KelasInspirasi.org, kegiatan kami menyebar ke seluruh daerah dengan cara duplikasi. Salah satu hal yang harus diduplikasi adalah pembuatan akun social media. Tahun 2013, social media yang menjadi trend adalah Twitter, sehingga kami memulainya dengan Twitter dan Email. Lalu berkembang ke Instagram dan Facebook. Social media ini memudahkan komunikasi kami dengan relawan pegiat Kelas Inspirasi di seluruh Indonesia.

Segmentasi kami menyasar mahasiswa aktif dengan kisaran usia 18-25 tahun dan kaum profesional dengan kisaran 25-60 tahun yang aktif bersosial media.

KI

Siapa pendiri akun? Ada berapa admin dan bagaimana pembagian tugasnya?

Akun social media kami dikelola oleh divisi publikasi dari Relawan Pegiat Kelas Inspirasi Balikpapan 4. Masing-masing akun dikelola dua orang. Setiap tahun terjadi pergantian admin akun KI Balikpapan.

Dalam pengelolaannya, ada tiga tim yang mengurus akun kami, yaitu Tim Twiter, Tim Facebook dan Tim Instagram. Setiap tim terdiri dua orang yang bertanggung jawab untuk satu akun. Masing-masing dari mereka bertugas memposting, menjawab setiap pertanyaan dan memelihara akun KI Balikpapan.

KI1

Bagaimana suka duka mengelola akun? Apa pencapaian yang mengesankan?

Kami menjadi orang yang pertama kali posting tentang materi publikasi, ada perasaan yang membuncah dan semangat saat membagikan sesuatu yang baru. Apalagi kalau materi yang diposting berisikan quote-quote penuh semangat, energi baiknya jadi tertular.

Dukanya, kadang tidak bisa posting di waktu prime time karena kesibukan pekerjaan, apalagi jika anggota tim berhalangan. Kadang juga ada beberapa pertanyaan yang sulit dijawab dengan tulisan. Lebih enak dijawab langsung bertatap muka.

Salah satu prestasi atau pencapaian kami adalah ketika kami melihat begitu banyak orang baik yang teraktivasi dan ikut peduli dengan pendidikan. Itu ditandai dengan peningkatan jumlah relawan KI Balikpapan setiap tahunnya dan signifikannya peningkatan jumlah followers di semua akun KI Balikpapan.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi 55 Juli 2016

Previous articleMenumbuhkan Kepekaan Sosial dengan Cara yang Fun | @borneonsdonate
Next articleKomunitas yang Mengantar Anggotanya Juara Nasional | @StandUpBPN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.