Dari Hobi, Jadi Barometer Brand Kuliner | @dapurbalikpapan

Dari Hobi, Jadi Barometer Brand Kuliner | @dapurbalikpapan

753
0
SHARE

Bagaimana sejarah akun dapurbalikpapan? Apa saja social media yang dikelola? Siapa segmentasinya?

Tahun 2009-2010, saya mulai gemar berkuliner di luar rumah. Saat itu juga mulai suka foto makanan dan lalu diunggah ke akun Twitter pribadi, @zwgs.

Terinspirasi dari akun kuliner dari Bandung, sekaligus memisahkan aktifitas kuliner dengan aktifitas lain di social media, saya membuat akun Twitter @dapurbalikpapan pada Maret 2011. Dan kemudian pada 2013 mengembangkan Instagram dengan nama yang sama, dapurbalikpapan. .

Awalnya, akun @dapurbalikpapan hanya sebagai wadah menyalurkan hobi kuliner saya. Tapi semakin hari, akun ini menjadi media tolok ukur perkembangan industri kuliner kreatif di Balikpapan. Harapannya, akun ini bisa jadi barometer brand kuliner Balikpapan untuk lebih kreatif dan kompetitif.

Segmentasi akun ini bisa untuk semua usia, sepanjang masih perlu makan, hehe.

LOGO Dapy

Siapa pendiri dapurbalikpapan? Bagaimana suka dukanya? Apa pencapaiannya?

Pendiri, pengelola dan penanggung jawab, dari pertama sampai sekarang saya sendiri. Panggil saya Dapy, hehe.

Banyak manfaat yang saya dapat dari akun ini. Selain kenal banyak pelaku usaha kuliner di Balikpapan, juga kemudian menciptakan komunitas penggemar kuliner yang suka makan dan foto makanan.

Dukanya ya saat ada brand yang kami bantu promosi, tapi belum bisa mencapai penjualan yang diinginkan, lalu akhirnya tutup.

Soal pencapaian, akun dapurbalikpapan bisa menjadi kreator creative event seperti Pop Up Market Balikpapan. Event itu menginspirasi pelaku industri kreatif lain untuk membuat event sejenis, baik di Balikpapan ataupun di luar Balikpapan.

Event itu juga bisa menciptakan iklim kompetitif untuk brand lokal Balikpapan. Pop Up Market diadakan setiap 6 bulan sekali dan sudah berjalan sebanyak 5 kali.

REKOMENDASI : Sudah beberapa UKM dan ratusan kuliner dicoba dan dipromosikan dapurbalikpapan.
REKOMENDASI : Sudah beberapa UKM dan ratusan kuliner dicoba dan dipromosikan dapurbalikpapan.

Bagaimana kerjasama dengan dapurbalikpapan? Berapa ratenya?

Akun ini menerima kerjasama berbayar. Rate 1 post di Instagram @dapurbalikpapan dari Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu. Ada juga yang sampai Rp 1 juta, tergantung impresi dari tiap brand.

Untuk kerjasama, ada minimum order dan maksimum order tiap bulannya. Cara bekerja sama, cukup undang dapy datang ke resto/kafe/kedainya atau mengirim produk bagi yang belum berkedai. Lalu, akan dilakukan sesi foto lebih dahulu sebelum food tasting. Kemudian, foto diunggah berkala di social media.

Dapy1

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi 55 Juli 2016

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.