Home Lifestyle Agar Tak Sering Kena Flu, Rajinlah Konsumsi Kunyit dan Madu

Agar Tak Sering Kena Flu, Rajinlah Konsumsi Kunyit dan Madu

551
0

Mudah sekali kena flu? Bisa jadi daya tahan tubuh lemah. Karenanya tambahkan konsumsi makanan yang menunjang daya tahan tubuh.

Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan agar tubuh selalu bugar yaitu gaya hidup sehat, tidur cukup dan tidak stres. Tidur adalah sangat penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur yang diteliti pada hewan dapat akibatkan kerugian fungsi kekebalan tubuh. Dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Selain itu, stres yang berlebih juga berpotensi menurunkan sistem kekebalan tubuh. Pilihan makanan sehat juga bisa memperkuat daya tahan tubuh. Seperti dikutip dari NDTV (28/07) berikut ini beberapa makanan yang mampu memperkuat daya tahan tubuh.

1. Lada hitam

Lada hitam dikonsumsi utuh dan bubuk dapat membantu hangatkan tubuh sehingga memicu produksi keringat dan membuang racun tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lada hitam mengandung antiinflamasi antioksidan, antibakteri dan dapat membantu tingkatkan sistem imunitas tubuh.

2. Jahe dan bawang putih

Jahe dan bawang putih bisa jadi obat yang mujarab bagi tubuh. Sifat antiinflamasi membantu kurangi nyeri pada tubuh. Mereka membantu redakan mual. Untuk tingkatkan kekebalan tubuh, masak 3 cm jahe, lemon, 2-4 siung bawang putih dan satu buah wortel. Racikan minuman dari bahan-bahan ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena jus ini berdifat antiseptik, anti jamur dan kaya gizi.

3. Kunyit dan madu

Kedua bahan ini dipercaya selama bertahun-tahun sebagai penyembuh alami ketika dipadukan bersama-sama. Baik kunyit dan madu adalah anti mikroba yang bisa menangkal infeksi bakteri dan virus secara efektif. Selain konsumsi bahan makanan sehat, sistem kekebalan tubuh akan meningkat jika diimbangi dengan pola makan sehat, tidur cukup, rutin berolahraga dan meditasi untuk memblokir pelepasan hormon stres dan tingkatkan fungsi kekebalan tubuh.
(odi/lus)

Source : detikFood

Previous articleMelamun memicu otak lebih kreatif
Next articleInilah Aktivitas Online Yang Disembunyikan Anak dari Orang Tua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.